Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Mar 2019 19:03 WIB

BUMN Buka 11.000 Lowongan Kerja, Ini Kisi-kisi Tesnya

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: ar Foto: ar
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan pekerjaan hingga 11.000 posisi. Pendaftaran seleksi 'spesial' Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah dibuka sejak 8 Maret kemarin lewat sistem rekrut bersama BUMN, rekrutbersama.fhcibumn.com.

Menurut Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Harman dalam seleksi administrasi nantinya ada ujian online bernama BUMN Value. Dalam ujian tersebut dibahas mengenai integritas hingga profesionalisme terhadap BUMN.

"Pada BUMN Value itu seputar pertanyaannya integritas, profesionalisme terhadap BUMN, dan wawasan kebangsaan," kata dia kepada detikFinance, Sabtu (9/3/2019).

Lebih lanjut, ia mencontohkan pertanyaan yang akan diberikan menilai inovasi diri seseorang mengenai inovasi.

"Misalnya, soal inovasi seberapa kelihatan improve seseorang untuk berinovasi terus wawasan kebangsaan seperti apa," sambung dia.

Sementara itu Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Sofyan Rohidi mengatakan calon pelamar mesti mempersiapkan kondisi fisik hingga rohani dengan baik, sebab untuk melaksanakan tes diperlukan fokus yang baik.

"Normal saja (persiapannya), yang paling penting persiapan pikiran, rohani, dan jasmani. Jadi kalau orang Islam itu baca bismillah," katanya.


Seperti diketahui, ada tiga tahap seleksi, yakni tes seleksi administrasi, tes kemampuan dasar (TKD), dan terakhir seleksi bidang di masing-masing BUMN pilihan calon pelamar. Hal ini bisa dilihat pada situs rekrutbersama.fhcibumn.com.

Pada seleksi administrasi, calon pelamar mesti melengkapi dokumen dan mengikuti tes BUMN value untuk lolos ke tahap selanjutnya. Kemudian, tahapan selanjutnya calon pelamar mengikuti ujian tes kemampuan dasar (TKD) serta memilih tiga posisi program, apakah umum, reguler, atau disabilitas.

Dalam seleksi tahap dua, dijelaskan tes akan dilakukan secara online dengan materi ujian meliputi, numerical, verbal, dan spatial. Tahapan terakhir adalah seleksi di masing-masing BUMN pilihan.

Selanjutnya, seleksi di masing-masing BUMN, tahapan tes sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com