Follow detikFinance
Selasa, 16 Okt 2018 15:51 WIB

1,7 Juta Pelamar CPNS Lolos ke Tahap Ujian

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan sebanyak 1.751.661 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dipastikan bisa ikut tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Hal itu karena mereka sudah dinyatakan lolos verifikasi dokumen persyaratan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, dari dokumen yang sudah diverifikasi sampai hari ini, ada 355.733 yang tidak lolos dalam tahap tersebut.

"Dari yang sudah diverifikasi, yang memenuhi syarat 1.751.661 sampai detik ini. Yang tidak memenuhi syarat sampai detik ini 355.733 orang. Antara 20-21% in general, teman-teman tidak lolos," katanya dalam konferensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta Timur, Selasa (16/10/2018).


Ridwan mengatakan, sejauh ini sudah ada sekitar 2 juta pelamar yang dokumennya diverifikasi. Masih ada 1.233.409 pelamar yang akan dan sedang masuk tahap verifikasi, sehingga pelamar CPNS yang bisa ikut SKD diperkirakan masih bisa bertambah.

"Sampai saat ini dari yang sudah itu 2 jutaan orang. Tapi ada 1,2 juta lain yang belum diverifikasi," sebutnya.

Namun Ridwan tidak mengetahui detailnya mengapa mereka tidak lolos di tahap verifikasi dokumen.

"Jadi sekitar 20-21% in general itu gagal. Gagalnya itu saya tidak tahu. Saya tidak bisa memberikan yang lebih detail," ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Media dan Pengaduan Masyarakat BKN Yudhantoro BayuWiratmoko menjelaskan, proses verifikasi ini dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan instansi yang bersangkutan.

"Kegiatan verifikasi dilakukan BKD dan instansi. Yang diverifikasi, pertama tanggal lahir. Kedua adalah antara formasi yang dilamar dengan ijazah yang di-submit. Hasil ini, yang dinyatakan lulus bisa ikuti tes SKD," tambahnya.




Tonton juga 'MenPAN RB Jamin Rekrutmen CPNS Bebas Calo':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed