Follow detikFinance
Rabu 14 Dec 2016, 09:39 WIB

3 Hal Menarik yang Wajib Anda Simak Hari Ini

Ellen May - detikFinance
3 Hal Menarik yang Wajib Anda Simak Hari Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Selamat pagi, ada beberapa hal menarik yang bisa Anda perhatikan untuk hari ini, antara lain:

1. The big event at December 2016 for the Fed

Hari ini The Fed akan melanjutkan pertemuannya, pelaku pasar semakin yakin bahwa The Fed akan menaikkan suku bunganya sebesar 25 basis poin di akhir pertemuannya nanti. Namun investor juga tetap waspada jika di tahun 2017 The Fed akan memperketat kebijakan perekonomian. The Fed akan mengumumkan hasil rapatnya mengenai suku bunga pada 14 Desember waktu setempat, atau 15 Desember dini hari waktu Indonesia.

Bagaimana peluang dan tantangan market setelah keputusan The Fed selengkapnya, mengapa saham ANTM melemah, view secara teknikal, teropong sektor oil dan lain sebagainya.

Disamping itu, bursa Amerika bergerak menguat. Indeks Dow Jones ditutup menguat 0,58% di level 19.911,21 merespons sentiment positif menyambut hasil rapat The Fed nanti.

2. Fluktuasi Harga Minyak dan CPO

Harga minyak melemah dari level tertinggi sejak 17 bulan setelah American Petroleum Institute memperkirakan persediaan minyak mentah AS meningkat padahal kemarin OPEC dan Non OPEC telah sepakat untuk memangkas produksi minyaknya.

Di samping itu, Badan Energi Internasional mengatakan bahwa minyak dunia akan mencapai titik kestabilan pada paruh pertama 2017 menyusul pemotongan produksi oleh OPEC dan produsen lain. Hal tersebut dikarenakan kesepakatan OPEC dan Non OPEC baru akan di mulai di tahun 2017 nanti.

Selain minyak mentah, harga minyak kelapa sawit juga alami pelemahan. Hal ini dikarenakan adanya sentimen menurunnya jumlah pengiriman minyak kedelai serta sepinya permintaan sehingga membuat stok berlebih pada komoditas ini.

Selain itu, laporan curah hujan monsun yang tinggi di Malaysia Timur yang akan terjadi pada akhir Desember hingga awal Februari. Curah hujan yang tinggi ini berpotensi menghambat panen dan transportasi buah sawit.

Meski demikian, secara teknis kita bisa cermati beberapa saham dari sektor ini seperti BWPT, SSMS, dan juga TBLA.

3. IHSG hari ini & Saham Potensial

Di Indonesia, kemarin Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,27% di level 5.293,619. Saya lihat hari ini IHSG akan bergerak mixed menguji resisten di 5.300.

Akankah Santa Claus datang ke market dan memberi kado harga saham naik hari ini?

Saya pribadi melihat bahwa sentimen naiknya suku bunga The Fed bukanlah sebagai momok yang perlu ditakuti, tercermin dari EIDO yang bergerak ikut menguat pada perdagangan kemarin.

Beberapa agenda hari ini antara lain:

• 13 & 14 Desember: Pertemuan The Fed
• 14 Desember 2016: Dividen Cumdate TLKM
• 14 & 15 Desember 2016: Rapat Dewan Gubernur BI

Bagaimana dengan saham-saham potensial hari ini?

Beberapa saham sektor perbankan untuk second liner seperti BJBR dan BJTM nampak berada di area support, dan bisa dimanfaatkan untuk buy on retracement.

Salam Profit,

Ellen May (drk/drk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed