Follow detikFinance
Senin 06 Mar 2017, 08:44 WIB

OSO Securities: IHSG Bisa Menguat Terbatas

OSO Securities - detikFinance
OSO Securities: IHSG Bisa Menguat Terbatas Foto: Dana Aditiasari-detikFinance
Jakarta - Menutup akhir pekan kemarin, IHSG ditutup terkoreksi 0,32% ke level 5.391 pasca bergerak di level 5.384-5.410. Sebanyak 114 saham naik, 175 saham turun, dan 118 saham stagnan.

Di pasar reguler, investor asing membukukan transaksi beli bersih (net buy) Rp 83,77 miliar. Delapan dari total 10 indeks sektoral ditutup melemah, pelemahan terdalam dipimpin oleh sektor barang konsumsi yang turun 0,87% diikuti sektor aneka industri yang melemah 0,74%. Beberapa katalis yang menjadi penggerak indeks selama sepekan kemarin di antaranya: Pidato perdana Donald Trump, rencana The Fed menaikkan suku bunga pada bulan ini, dan rilisnya laporan kinerja emiten, serta laporan Kemenkeu yang menyampaikan defisit anggaran hingga 20 Februari 2017 telah mencapai Rp 22,2 triliun atau 0,16% dari PDB, atau sedikit lebih rendah dari periode sama tahun lalu.

Indeks utama Bursa Wall Street ditutup menguat terbatas pada akhir pekan kemarin pasca Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengisyaratkan kenaikan Fed Fund Rate pada pertemuan 14-15 Maret ini. Pada pertemuan tersebut akan dibahas mengenai evaluasi ketengakerjaan dan inflasi, sebagai acuan dalam menaikkan suku bunga.

Yellen memberi penilaian ekonomi AS yang positif, di mana tingkat pengangguran berada di 4,8% pada Januari, sejalan dengan perkiraan pejabat Fed, prospek ekonomi AS tampak menggembirakan karena risiko-risiko dari luar negeri surut; dan tingkat inflasi meningkat hampir 2%, sesuai dengan target Fed, pada Januari.

Dengan pasar tenaga kerja yang menguat dan inflasi naik menuju target, penilaian median peserta FOMC pada Desember lalu adalah bahwa kumulatif 3/4 persentase poin kenaikan dalam kisaran target untuk suku bunga federal fund kemungkinan akan sesuai selama tahun ini. Indeks Dow Jones naik tipis 0,01% ke level 21.006, Nasdaq menguat 0,16% ke level 5.871, dan S&P 500 terangkat 0,05% ke level 2.383.

Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat terbatas. Secara teknikal pergerak IHSG selama sepakan kemarin cenderung terkonsolidasi. Indikator stochastic oscillator bearish, RSI lemah dan histogram MACD negatif. Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak di kisaran 5.338-5.410. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed