Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 08:46 WIB

OSO Securities: IHSG Cenderung Melemah Terbatas

OSO Securities - detikFinance
Jakarta - Akhir perdagangan kemarin IHSG mengalami kenaikan tipis 0.80 poin atau 0.01% ke level 5,432.381. Terbatasnya pergerakan IHSG pada perdagangan kemarin merupakan suatu bentuk respon pelaku pasar terhadap penantian keputusan The Fed terhadap kenaikan suku bunga AS. Mayoritas indeks sektora ditutup melemah.

Pelemahan terdalam dipimpin oleh sektor perkebunan yang turun 0.65% diikuti oleh sektor konsumsi yang melemah 0.21%. Sementara itu, sektor pertambangan ditutup naik 0.69%. Beberapa saham yang menjadi penggerak indeks pada perdagangan kemarin diantaranya : MYRX, TLKM, BBRI, BBCA dan MEDC. Pelaku pasar asing tercatat membukukan nilai beli bersih senilai Rp 229.2 miliar.

Indeks utama bursa Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan semalam (15/03) pasca The Fed menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya dalam tiga bulan.

Langkah tersebut didorong oleh pertumbuhan ekonomi AS yang dinilai sudah mulai stabil, dengan data ketengakerjaan yang kuat, di mana tingkat pengangguran AS saat ini berada di level 4.7% dan inflasi berada kisaran 2%. Tingkat suku bunga The Fed mengalami kenaikan sebesar 25 basis point menjadi 0.75%-1.00%.

Hal tersebut menjadi sentimen positif terhadap market, karena lebih dari 90% pelaku pasar mengharapkan kenaikan suku bunga tersebut. Namun, Janet Yellen mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana dalam mempercapat laju pengetatan moneter.

Yellen menekankan bahwa kedepan suku bunga AS akan meningkat secara bertahap hingga tahun 2019 dengan target pengangguran pada tahun ini bisa turun menjadi 4.5% dan inflasi berada diatas 2%. Indeks Dow Jones menguat 0.54% ke level 20,950.1, S&P 500 naik 0.84% ke level 2,385.26 dan Nasdaq terangkat 0.74% ke level 5,900.05.

Adapun beberapa data ekonomi AS yang turut menjadi katalis positif indeks yaitu, inflasi bulan Februari tercatat sebesar 0.1% (mom) atau 2.7% (yoy) sesuai dengan ekspektasi pelaku pasar. Selain itu indeks penjualan ritel AS pada bulan Februari tumbuh 0.1% sesuai dengan perkiraan.

Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah terbatas. Secara teknikal, terbentuknya doji pada IHSG kemarin mengindikasikan tekanan beli dan jual yang kuat.

Indikator stochastic oscillator bullish didukung oleh histogram MACD positif. Sementara RSI dan MFI bearish. Kami perkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 5,378-5,487. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed