Follow detikFinance
Kamis 13 Apr 2017, 08:49 WIB

OSO Securities: IHSG akan Menguat Terbatas

OSO Securities - detikFinance
OSO Securities: IHSG akan Menguat Terbatas Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pada perdagangan kemarin (12/04) IHSG ditutup menguat 0.29% ke level 5,644.15. Mayoritas indeks sektoral ditutup naik, penguatan tertinggi dipimpin oleh sektor properti yang menguat 2.78% diikuti oleh sektor perkebunan yang naik 1.14%. Beberapa saham yang menjadi penggerak indeks pada perdagangan hari ini yaitu, LPKR, PTPP, ADHI, dan WIKA. Adapun sentimen yang menjadi penggerak IHSG yaitu, mulai masuknya investor kepada saham properti, seiring dengan dibatalkannya pungutan apartmen menganggur yang sebelumnya menjadi kekhawatiran pelaku pasar. Hal ini tercermin dari pergerakan sektor properti pekan lalu yang melemah 3.3%. Selain itu juga untuk saham-saham konstruksi, mayoritas sudah berada dalam area supportnya dengan harga yang sudah undervalued, sehingga dimanfaatkan oleh investor untuk melangsungkan akumulasi beli. Pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih senilai Rp 1.59 triliun.

Akhir perdagangan semalam (12/04) indeks utama bursa Wall Street ditutup terkoreksi seiring dengan kekhawatiran pelaku pasar terhadap geopolitik yang berlarut-larut. Meningkatnya ketegangan AS dengan Rusia, Korea utara dan Suria pasca serangan rudal di Suriah pada pekan lalu membuat investor lebih berhati-hati. Investor khawatir ketegangan tersebut akan mengalihkan perhatian Trump terhadap kebijakan pro- bisnis seperti pemotongan pajak, pemangkasan kebijakan dan belanja infrastruktur yang lebih tinggi. Selain itu komentar dari Donald Trump juga ikut menjadi faktor penekan indeks. Trump mengatakan dalam sebuah wawancara pada Wall Street Journal bahwa saat ini dollar sudah terlalu kuat. Penguatan dollar tersebut seiring dengan prospek terhadap kinerja perusahaan multinasional AS yang lebih tinggi. Sektor yang mengalami penurunan terbesar pada perdagangan semalam yaitu, industri dasar dan keuangan. Indeks Dow Jones turun 0.29% ke level 20,591.86, S&P 500 terkoreksi 0.38% ke level 2,344.93 dan Nasdaq terkoreksi 0.52% ke level 5,836.16.

Kami perkirakan IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat terbatas di tengah penantian investor terhadap rilisnya data penjualan mobil dan motor pada bulan Maret. Secara teknikal, indikator stochastic oscillator membentuk crossover dan berusaha melakukan reversal. Sementara itu indikator RSI flat. Kami perkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 5,602-5,683. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed