Follow detikFinance
Selasa 18 Apr 2017, 09:53 WIB

Ini Dia 3 Faktor Utama Penggerak Saham Emiten Alat Berat

Ellen May - detikFinance
Ini Dia 3 Faktor Utama Penggerak Saham Emiten Alat Berat Foto: Istimewa
Jakarta - Emiten alat berat, merupakan salah satu emiten yang menyediakan jasa penyewaan ataupun penjualan alat-alat berat yang biasanya diperlukan untuk proses kerja pertambangan ataupun konstruksi. Lalu, hal apa saja yang menjadi faktor penentu pergerakan saham di sektor tersebut? Bagaimana hubungannya? Simak jawabannya, hanya di #Kopipagi hari ini.

IHSG pada perdagangan kemarin, ditutup melemah hingga 0,70% ke posisi 5,577.49. Pasar saham global dalam pekan ini masih akan terus diselimuti oleh ketegangan geopolitik. Masalah Suriah yang masih belum sepenuhnya selesai, ditambah lagi dengan masalah antara Amerika-Korut yang semakin memanas, diperkirakan masih akan menjadi sentimen negatif untuk pasar global.

Meskipun begitu, Dow Jones pada hari ini berhasil rebound setelah mengalami pelemahan beberapa hari kemarin. Pagi ini, Dow Jones menguat hingga 0,90% ke level 20,636.92. Namun, EIDO masih mengalami pelemahan sebesar -0,15% ke level 25,97 hari ini.

Geliat sektor pertambangan dan komoditas yang diperkirakan positif pada tahun ini juga merupakan momentum perbaikan kinerja para emiten alat berat. Berikut selengkapnya.

Pada 2016, kinerja emiten alat berat masih melambat. Dari sisi pendapatan, hanya INTA yang membukukan pertumbuhan,yakni dari Rp1,324 triliun pada 2015 naik 13,8% menjadi Rp1,506 triliun pada tahun lalu.

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Harga komoditas adalah kendala utama emiten alat berat untuk tumbuh tahun lalu. Perusahaan kebun dan tambang yang menahan produksi, menyebabkan penyewaan dan penjualan alat berat menipis. Hal ini pula yang akhirnya menyebabkan pendapatan emiten alat berat masih tercatat turun.

Sebenarnya jika dilihat dari sisi bisnis, emiten-emiten seperti perusahaan tambang dan konstruksi bangunan merupakan salah satu emiten yang selalu berkolaborasi dengan emiten alat berat dalam mengembangkan bisnisnya.

Hal ini dikarenakan kebutuhan perusahaan tersebut terhadap alat berat, yang harus digunakan dalam proses produksi mereka. Lalu, sebenarnya apa saja faktor penentu penggerak emiten alat berat tersebut?

Terdapat 3 faktor utama penentu kenaikan kinerja emiten alat berat ini, antara lain:
1. Kenaikan harga komoditas
2. Tingkat persaingan emiten alat berat
3. Faktor cuaca

Apabila harga komoditas, misalkan batubara turun, hal tersebut akan menyebabkan turunnya permintaan terhadap alat berat. Karena seperti yang kita ketahui, menurunnya harga komoditas akan menyebabkan emiten mengurangi produksi. Sehingga emiten alat berat akan terkena imbasnya, namun imbas tidak langsung yang merupakan akibat dari penurunan kinerja emiten tambang tersebut.

Terkait persaingan emiten alat berat sendiri, persaingan merupakan hal yang paling berpengaruh pada kinerja emiten alat berat. Mulai dari adanya perusahaan alat berat baru, yang diyakini akan mengurangi pangsa pasar emiten alat berat yang sudah besar, sehingga akan menyebabkan pangsa pasar milik para emiten tersebut akan menjadi lebih kecil dan berkurang.

Faktor lainnya yang berpengaruh pada kinerja alat berat adalah faktor cuaca. Misalkan saja, apabila ada perusahaan tambang yang ingin membeli alat berat, namun ada pengaruh cuaca yang buruk, maka otomatis perusahaan tambang tadi akan menunda pembelian.

Meski belum terlalu signifikan, pada tahun ini pasar alat berat diperkirakan akan terkerek. Sektor pengungkit kinerja tersebut antara lain pertambangan dan konstruksi. Pergerakan harga komoditas yang mulai menggeliat, disertai dengan proyek pembangunan oleh pemerintah diperkirakan akan membuat para trader cenderung melirik saham di perusahaan alat berat tersebut.

Pergerakan pasar komoditas, dan pertumbuhan ekonomi global, merupakan 2 faktor yang selalu diawasi oleh para investor pasar modal. Kedua faktor tersebut juga sekaligus merupakan hulu pertumbuhan permintaan alat berat.

Salam profit,

Ellen May (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed