Follow detikFinance
Kamis 04 May 2017, 09:55 WIB

Sektor Infrastruktur Masih Gemilang, Bagaimana Sektor Turunannya?

Ellen May - detikFinance
Sektor Infrastruktur Masih Gemilang, Bagaimana Sektor Turunannya? Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa sentimen yang akan mempengaruhi IHSG hari ini. Di antaranya terkait BEI yang akan mengkaji ulang mengenai beberapa peraturan. Walaupun IHSG melemah 0,50 % ke level 5647,4, investor asing masih tercatat melakukan net buy Rp 317,54 miliar.

Sentimen apakah yang akan menggerakkan IHSG hari ini? Lalu, seperti apa revisi peraturan bursa tersebut?

IHSG pada perdagangan terakhir ditutup melemah hingga 0,50% di level 5,647.37. Hal ini terutama terkait aksi wait and see para investor terkait kebijakan the Fed selanjutnya. Sementara itu, Dow Jones pada perdagangan pagi ini mengalami penguatan tipis sebesar 0,04% ke level 20,957.90, bertolak belakang dengan EIDO yang justru merosot hingga 0,75% ke level 26,32.

Meskipun masih belum mengalami pergerakan yang signifikan, sektor infrastruktur masih tetap menjadi pilihan untuk tahun ini. Lalu bagaimana dengan sub sektor turunan dari sektor tersebut? Adakah sentimen kuat yang akan mampu menggerakkannya?

Belum lama ini, perseteruan antara angkutan umum konvensional dan online sudah menjadi masalah yang cukup panas. Hal tersebut, lantaran ketimpangan persaingan yang terjadi antara kedua angkutan umum tersebut, yang menyebabkan kerugian di salah satu pihak.

Oleh karena itu, pemerintah pun akhirnya membuat 11 aturan mengenai taksi online dalam revisi Permenhub 32/2016 yang sudah mulai berlaku sejak 1 April 2017 kemarin. Ada banyak hal penting dalam revisi aturan tersebut, namun yang paling utama ialah mengenai penetapan tarif minimal, yang menyebabkan kedua belah pihak akan memiliki tarif yang sama sejak bulan lalu.

Hal ini diharapkan akan menciptakan persaingan sehat untuk kedua belah pihak, baik angkutan konvensional maupun online. Terkait penetapan aturan tersebut, pemerintah memberikan masa tenggat bagi pada pengelola taksi online untuk melakukan masa transisi tarif tersebut, selama 3 bulan sejak ketentuan tersebut berlaku.

Sejak bulan Februari 2017, saham BIRD mulai mengalami perubahan tren dari downtrend menjadi uptrend. Selain itu, saham-saham yang berada di sektor transportasi seperti ASSA dan TAXI juga akan mendapat dampak positifnya. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed