Follow detikFinance
Selasa, 04 Sep 2018 08:42 WIB

OSO: IHSG Masih Bakal Lanjutkan Pelemahan

OSO Securities - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pada perdagangan awal pekan ini (03/09), IHSG ditutup melemah sebesar 0,85% ke level 5,967.58. Seluruh indeks sektoral berakhir dalam zona merah, dimana sektor Industri Dasar dan Aneka Industri memimpin pelemahan masing-masing sebesar 1,91% dan 1,79%.

Adapun saham yang menjadi pemberat indeks diantaranya: ASII, BMRI, HMSP, GGRM, INKP

Penurunan pada indeks terjadi akibat antispasi para pelaku pasar setelah rilisnya data Inflasi bulan Agustus 2018 yang tercatat mengalami deflasi sebesar 0,05%.

Adapun pelemahan IHSG terjadi di tengah rilis data Nikkei Manufacturing Agustus 2018 yang naik ke level 51.9, meski demikian nampaknya kenaikan indeks manufacturing ini belum mampu membawa IHSG ditutup dalam zona hijau.

Pelaku pasar asing membukukan aksi jual bersih (Netsell) sebesar Rp 306 miliar. Nilai tukar rupiah terdepresiasi sebesar 0,31% ke level 14,815

Sementara itu, indeks utama AS libur pada perdagangan kemarin (03/09) dikarenakan Amerika Serikat memperingati Hari Buruh, hari yang dikhususkan untuk menghormati para pekerja dan kontribusi mereka pada perekonomian Amerika. Pada tanggal 28 Juni 1884, Kongres meloloskan undang-undang yang menetapkan hari Senin pertama pada bulan September setiap tahun sebagai Hari Buruh, dan menjadikannya sebagai hari libur nasional

Adapun secara komoditas, harga minyak mentah berhasil menguat sebesar 0.34% ke level USD 70.04 per barel seiring dengan sanksi AS kepada Iran dalam membatasi ekspor minyaknya. Harga minyak naik pada hari Senin, didukung oleh kekhawatiran bahwa penurunan output Iran akan memperketat persediaan pasar setelah diterapkannya sanksi AS.

IHSG ditutup melemah sebesar 0,8% ke level 5,967. IHSG ditutup candle bearish dengan indikator Stochastic bearish, MACD histogram bergerak melemah dengan volume turun.

Kami perkirakan IHSG bergerak melemah terbatas dengan pergerakan di kisaran 5,919 - 6,003. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed