Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Okt 2018 08:47 WIB

OSO Securities: IHSG Masih Lanjutkan Pelemahan

OSO Securities - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pada perdagangan Kamis (04/10), IHSG ditutup melemah sebesar 1,89% ke level 5,756.62. Seluruh indeks sektoral berakhir dalam zona merah, dimana sektor Industri Dasar dan Keuangan memimpin pelemahan masing-masing sebesar 3,45% dan 2,44%.

Adapun saham yang menjadi pemberat indeks diantaranya: UNVR, BMRI, BBRI, INKP, BBCA. Penurunan pada indeks dikarenakan sentimen negatif dari luar negeri terkait adanya kabar yang menyebut bahwa The Fed berencana kembali menaikkan suku bunga acuannya yang keempat kali di tahun ini pada bulan Desember. Hal ini berpotensi membuat nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS akan kembali melemah.

Sementara itu, rilisnya data Indeks Kepercayaan Konsumen bulan September 2018 yang naik ke level 122.4 belum mampu membawa IHSG ditutup dalam zona hijau. Pelaku pasar asing membukukan aksi jual bersih (Netsell) sebesar Rp 1,16 triliun. Nilai tukar rupiah terdepresiasi sebesar 0,69% ke level 14,179.

Sementara itu indeks utama bursa Wall St ditutup dalam teritori negatif pada perdagangan hari Kamis (04/09). Indeks Dow Jones melemah 0.75%, S&P koreksi 0.82%, dan Nasdaq tertekan 1.81%.

Pelemahan indeks terjadi seiring dengan antisipasi pelaku pasar menjelang rilisnya data Nonfarm Payrol AS pada hari Jumat serta
meningkatnya Yield Treasury AS ke level 3.232% pasca pidato Federal Reserve yang memperkirakan inflasi akan terus mengalami peningkatan serta adanya kenaikan The Fed sekali lagi pada tahun ini guna menghindari ekonomi yang terlalu panas.

IHSG ditutup turun sebesar 1.89% ke level 5,756. IHSG ditutup candle bearish dengan indikator Stochastic bearish, MACD histogram bergerak turun dengan volume meningkat. Kami perkirakan IHSG bergerak kembali melemah dengan pergerakan di kisaran 5,689 - 5,780. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed