Mirae Asset: Neraca Dagang Surplus Lagi, IHSG Konsolidasi

Mirae Asset Sekuritas - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 09:11 WIB
Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (8/11/2016). IHSG ditutup meroket hingga 1,57%.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

IHSG ditutup melemah 1.4% pada hari Kamis seiring dengan melemahnya indeks regional. Kami menduga indeks lemah dipicu oleh berita bahwa Presiden China Xi Jinping memberi tahu pasukannya untuk fokus 'mempersiapkan perang'.

Penjualan mobil domestik naik 30% MoM di bulan September. Indonesia membukukan surplus neraca perdagangan sebesar US$ 2,44 miliar pada bulan September (vs. konsensus median mengharapkan surplus perdagangan sebesar US$ 2,08 miliar) didukung ekspor dan impor yang lebih baik dari perkiraan. Kami memperkirakan IHSG dalam konsolidasi hari ini.

Indeks AS ditutup lebih rendah pada hari Kamis karena investor mengawasi negosiasi stimulus fiskal AS dan peningkatan infeksi COVID-19. Mengenai stimulus fiskal AS, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi melanjutkan pembicaraan bantuan fiskal, dengan Presiden Trump mengungkapkan keterbukaan untuk meningkatkan tagihan US$ 1,8 triliun yang diusulkan sebelumnya.

Sementara itu, kebangkitan kasus COVID-19 di Eropa mengurangi sentimen risiko, karena beberapa negara Eropa memberlakukan langkah-langkah mitigasi baru.

(eds/eds)