IHSG Diprediksi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Artha Sekuritas - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 08:33 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin ditutup menguat dilevel6.137,34 (+0,53%). Pergerakan didorong oleh sektor pertanian (+2,79%) dan keuangan (+1,14%). Bagaimana rekomendasi saham hari ini?

IHSG bergerak menguat di awal tahun didorong oleh optimisme setelah pendistribusian vaksin COVID-19 untuk masyarakat Indonesia. Meskipun begitu kekhawatiran akan varian covid baru serta peningkatan jumlah kasus baru masih menjadi perhatian.

Bursa Amerika Serikat (AS) ditutup menguat. Dow Jones ditutup 30,391.60 (+0.55%), NASDAQ ditutup 12,818.96 (-+0.95%), S&P 500 ditutup 3,726.86 (+0.71%).

Bursa saham AS ditutup menguat didukung data ekonomi yaitu AS manufacturing index yang dilaporkan berada pada angka 60,7 pada bulan Desember 2020, lebih tinggi daripada bulan Agustus 2018 yang meningkat sebesar 57,5. Angka tersebut mengalahkan estimasi analis yang berada pada 57,0.

Investor masih terus memantau kondisi politik di Georgia untuk melihat kontrol atas senat di AS. Meskipun demikian, sentimen peningkatan angka penularan COVID-19 secara global masih menjadi sorotan utama para investor. Bursa Asia dibuka bercampur dan cenderung melemah.

IHSG diprediksi menguat dengan pergerakan di kisaran 6.046-6.190. Secara teknikal terlihat adanya potensi penguatan dalam jangka pendek didukung indicator MACD menunjukkan sinyal akumulasi dan stochastic yang membentuk golden cross.

Penguatan akan didukung oleh January Effect namun di sisi lain masih dibayangi oleh kekhawatiran akan semakin tingginya kasus COVID-19 di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Rekomendasi Saham Hari Ini

Artha Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham untuk dibeli hari ini, yaitu MNCN, ASRI, dan BWPT. MNCN dan ASRI direkomendasikan untuk beli. Indikator teknikal menunjukkan signal beli dengan sentimen netral/positif.

Sedangkan BWPT direkomendasikan untuk beli namun bersifat spekulatif. Indikator teknikal menunjukkan signal beli dengan sentimen netral/negatif, atau Indikator teknikal netral/negatif dengan sentimen positif. Saham lain yang perlu dicermati antara lain WSKT, ADHI, ANTM, TINS, MDKA, WEGE, BRIS, dan BMTR.

(ara/ara)