Jelang Libur Tengah Pekan, IHSG Diproyeksi Lanjut di Zona Merah

Artha Sekuritas - detikFinance
Selasa, 10 Agu 2021 08:57 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

IHSG ditutup melemah. IHSG ditutup di level 6,127.45 (-1.23%). Pergerakan melemah cukup signifikan diakibatkan aksi profit taking setelah pergerakan sepekan terakhir mengalami penguatan. Pelemahan ini juga diakibatkan karena libur bursa saham sehingga hari perdagangan lebih sedikit.

Bursa Amerika Serikat ditutup bercampur. Dow Jones ditutup 35,101.85 (-0.30%), NASDAQ ditutup 14,860.20 (+0.16%), S&P 500 ditutup 4,432.35 (-0.09%).

Bursa saham US ditutup bercampur dan cenderung menurun. Investor mencemaskan Covid-19 variant Delta mulai menyebar cukup cepat di US dan sehingga investor cemas akan menurunnya permintaan di masa mendatang yang disebabkan oleh virus tersebut.

Meskipun demikian, data ekonomi masih cukup baik terutama jumlah pekerjaan yang meningkat menjadi 10.1 juta pada bulan juni, lebih tinggi dari ekspektasi ekonom di level 9.1 juta. Investor akan memperhatikan data ekonomi Consumer Price Index dan inflasi pada hari rabu dan kamis.

IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal candlestick membentuk long white body dengan indicator stochastic yang melebar setelah membentuk dead cross mengindikasikan potensi melanjutkan pelemahan. Pergerakan akan minim sentiment dari data ekonomi menjelang libur di tengah pekan. Data kasus covid-19 mengalami penurunan sehingga diharapkan mampu menopang pelemahan.

  • Resistance 2 : 6,287
  • Resistance 1 : 6,207
  • Support 1 : 6,078
  • Support 2 : 6,029

Saham rekomendasi

Saham UNVR dan PTPP direkomendasikan untuk tahan jika sudah beli sebelumnya. Indikator teknikal netral dan sentimen netral.

Saham PWON direkomendasikan untuk beli namun bersifat spekulatif. Indikator teknikal menunjukkan signal beli dengan sentimen netral/negatif, atau Indikator teknikal netral/negatif dengan sentimen positif.

Saham JPFA direkomendasikan untuk jual. Indikator teknikal menunjukkan signal jual dengan sentimen netral/negatif.

(eds/eds)