Tapering Menghadang, IHSG Diproyeksi Loyo Hari Ini

Artha Sekuritas - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 08:37 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

IHSG ditutup melemah. IHSG ditutup di level 6,090.93 (-0.96%). Pergerakan ditutup melemah diakibatkan oleh aksi profit taking. Pergerakan juga masih dipengaruhi kekhawatiran akan tapering. Dari dalam negeri terlihat aktivitas masyarakat mulai ramai meskipun masih PPKM juga menimbulkan kekhawatiran.

Bursa Amerika Serikat ditutup Bercampur. Dow Jones ditutup 35,312.53 (-0.14%), NASDAQ ditutup 15,309.40 (+0.33%), S&P 500 ditutup 4,524.09 (+0.03%).

Wall street ditutup bercampur dengan dua index utama ditutup menguat. Pergerakan di bursa saham didukung pembelian baru pada saham teknologi dan data penggajian pribadi, yang sejalan dengan keputusan dovish dari Federal Reserve.

Saham sektor utilitas dan real estat, sektor yang dianggap sebagai proxy obligasi atau defensif, menjadi yang berkinerja terbaik pada perdagangan kali ini. Di sisi lain, pada sesi ini, sektor energi kembali jatuh 1,5%. Ini juga menandakan pelemahan untuk tiga sesi secara berturut-turut. Bursa saham Asia dibuka menguat terbatas pagi ini dan masih minim sentiment.

IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal candlestick membentuk long black body mengindikasikan potensi akan kembali melemah. Investor masih akan mencermati perkembangan terkait kebijakan Tapering di Amerika Serikat serta kasus COVID-19. Investor akan mengantisipasi rilis data ketenagakerjaan dan data pekerjaan yang akan dirilis jelang akhir pekan.

  • Resistance 2 : 6,196
  • Resistance 1 : 6,143
  • Support 1 : 6,063
  • Support 2 : 6,036

Berikut rekomendasi saham hari ini:

MPPA dan ISSP direkomendasikan untuk tahan jika sudah beli sebelumnya. Indikator teknikal netral dan sentimen netral.

ADRO dan KLBF direkomendasikan untuk beli namun bersifat spekulatif. Indikator teknikal menunjukkan signal beli dengan sentimen netral/negatif, atau Indikator teknikal netral/negatif dengan sentimen positif.

(eds/eds)