Market Research

Intip Ramalan Laju IHSG Hari Ini, Ada Peluang Menguat tapi Terbatas

Mirae Asset Sekuritas Indonesia - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 08:59 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Saham melanjutkan penguatan kemarin dan semakin mendekati rekor tertingginya sepanjang masa, pasca hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal Pilpres
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

IHSG ditutup menguat 0.43% pada hari Senin, didukung olehberlanjutnya net buy asing sekitar IDR1.1 triliun.

Perusahaan pertambangan logam dan batu bara ditutup melemah di tengah kekhawatiran investor tentang dampak lockdown di beberapa kota di China untuk mengekang kasus COVID yang meningkat baru-baru ini di China, yang dapat melemahkan permintaan komoditas.

Penjualan mobil domestik Indonesia turun 3.4% MoM di bulan Februari. Penjualan toko di Februari dari ACES turun 12.6%.

Pada hari Senin, indeks ekuitas AS ditutup lebih rendah karena investor menilai beberapa hambatan terkait pasar.

Sementara itu, putaran keempat diskusi antara pejabat tinggi Rusia dan Ukraina tidak membuat kemajuan menuju gencatan senjata.

Semua mata akan tertuju pada The Fed pada hari Rabu, karena bank sentral AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2018 untuk memerangi inflasi tertinggi dalam empat dekade.

Dalam komoditas, IEA mengatakan dampak perang terhadap pasar energi mungkin akan berlangsung beberapa bulan. Sentimen melemah setelah pihak berwenang di China mengunci kota Shenzhen di tengah gelombang COVID-19.

Logam dasar jatuh di seluruh papan karena penguncian di Shenzhen dan Jilin di China meningkatkan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah.

Lonjakan kasus COVID menimbulkan tantangan signifikan bagi target pertumbuhan China sebesar 5.5%, dengan lockdown yang kemungkinan akan mengganggu beberapa aktivitas rantai pasokan selama beberapa minggu mendatang.

Shenzhen adalah rumah bagi industri teknologi China, yang dapat melihat permintaan untuk logam utama seperti tembaga, aluminium, dan timah mudah.

Bagaimana dengan prediksi pergerakan IHSG hari ini?

IHSG Daily, 6,952.2 (+0.43%), test resistance at 6,984. Trading range 6,906 - 6,984. Indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung naik namun mulai terbatas.

Pada periode weekly indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung naik namun mulai terbatas. Daily support di 6,906 dan daily resistance di 6,984. Cut loss level di 6,880.

(dna/dna)