Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 25 Jun 2016 19:15 WIB

BI Luncurkan Uang NKRI Pecahan Rp 2.000 Hingga Rp 50.000 Akhir 2016

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Untuk pertama kalinya pemerintah mengeluarkan uang dengan nomor seri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 2014 lalu melalui pecahan Rp 100.000. Tahun ini pemerintah akan mengeluarkan uang NKRI lainnya dalam bentuk pecahan mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 50.000.

"Untuk semua pecahan yang sekarang belum ada seri NKRI. Mulai dari 50, 10, 20, 5, dan 2 ribu," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas usai acara launching Gerakan Peduli Koin di Lapangan Lenggang Jakarta, Monas, Sabtu (25/06/16).

Ia mengatakan pembuatan uang kertas ini membutuhkan proses yang begitu panjang, karena membutuhkan koordinasi dan persetujuan dari pemerintah terkait gambar pahlawan yang akan dipilih nantinya untuk pecahan uang NKRI terbaru ini.

"BI harus koordinasi sama pemerintah, karena yang menetapkan gambar pahlawan di uang itu pemerintah. Nanti ditetapkan sama presiden gambar mana yang digunakan. Cetakannya juga kami masih harus pesan. Kami targetkan akhir tahun ini," imbuhnya.

Sebagai informasi, disebut uang NKRI karena melibatkan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mewakili pemerintah. Perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelumnya adalah munculnya tanda tangan Menteri Keuangan di sebelah Gubernur BI. Saat itu baru pecahan 100.000 yang diluncurkan.

Selain uang NKRI untuk pecahan kertas, BI juga akan mengeluarkan uang koin/logam terbaru dengan gambar pahlawan.

"Koin pun nanti akan ada gambar pahlawannya. Pahlawannya siapa nanti kita tunggu sama-sama. Sedang dalam proses persetujuan Presiden. Sudah diajukan. Akhir tahun akan kita rilis semuanya," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed