Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mar 2017 15:34 WIB

Bilyet Deposito BTN Dipalsukan, Ini Respons OJK

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengalami kasus pemalsuan bilyet deposito. BTN telah melapor kasus ini tersebut ke Polda Metro Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad, menjelaskan pihaknya bakal melihat lebih lanjut permasalahan tersebut.

"Kita sudah lihat lebih lanjut, tentu saja ada implikasi hukumnya, apalagi kalau fraud. Ya oleh karena itu kita imbau manajemen, fraud yang sudah kita berikan pedomannya, ini harus diimplementasikan," kata Muliaman di Energy Building, SCBD, Jakarta, Rabu (23/3/2017).

Muliaman mengatakan, dengan adanya kasus ini, maka perbankan bisa lebih meningkatkan pengawasannya. Supaya bisa mengantisipasi terjadinya hal serupa.

"Jadi ini harusnya diselesaikan pada first line defence yang ada, unit inspektor yang ada, di dalam pengawasan pimpinan oleh karena itu tentu saja ini bukan sesuatu yang baru. Kita harapkan semua bank bagaimana mengoperasional fraud manajemen bisa lebih bagus," terang Muliaman.

Baca juga: Bilyet Deposito Dipalsukan, BTN Laporkan Perkara ke Polda Metro

Sebelumnya, Corporate Secretary Bank BTN Eko Waluyo mengatakan bilyet deposito perseroan diduga telah dipalsukan oleh kelompok yang disinyalir merupakan sindikat kejahatan perbankan. Sindikat ini, lanjutnya, menggunakan nama Bank BTN secara ilegal, menawarkan produk palsu tersebut, dan beroperasi di luar sistem Bank BTN.

Eko menambahkan, perseroan pun telah menerapkan prinsip kehati-hatian dengan membentuk cadangan risiko operasional. Cadangan ini telah disampaikan dalam laporan keuangan audit tahun 2016.

"Kami juga berkomitmen untuk terus memoles layanan Bank BTN agar dapat memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi nasabah kami," tutur Eko. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed