Follow detikFinance
Rabu, 22 Apr 2009 13:36 WIB

Dana Haji dan Dana Abadi Umat Diinvestasikan ke Sukuk Rp 9 Triliun

- detikFinance
Jakarta - Dana haji dan Dana Abadi Umat (DAU) yang dikelola Departemen Agama diinvestasikan ke Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk.

Penempatan dana haji dan DAU yang nantinya akan ditempatkan di sukuk mencapai Rp 9 triliun sepanjang tahun 2009, dimana tahap satu akan mulai dilakukan Mei 2009 senilai Rp 1,5 triliun.

Proses penjualan tersebut dilakukan oleh departemen keuangan (depkeu) yang merupakan penerbit sukuk dengan depag yang dibakukan dalam MoU yang ditandatangani Rabu (22/4/2009).

Depkeu melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia akan menerbitkan seri SDHI 2010 yang dijual melalui private placement.

Nilai nominal sukuk ini Rp 1,5 triliun dengan jangka waktu 1 tahun. Setelmen dilakukan 7 Mei 2009 sedangkan jatuh tempo sukuk ini 7 Mei 2010.

Imbal hasil risk coupon sebesar 8,52%. Pembayaran imbal hasil tanggal 7 setiap bulannya dan bersifat non tradeable atau tidak diperdagangkan. Sukuk ini menggunakan akad Ijarah Al Khadamat dengan underlying asset di jasa atau service. 

Private placement itu saling memberikan manfaat kepada penerbit dan penjualnya karena:

  1. Memberikan manfaat bagi pengelolaan dana haji dan DAU melalui penyediaan instrumen investasi yang aman dan imbal hasil yang kompetitif.
  2. Memberikan manfaat bagi pembiayaan APBN melalui penyediaan sumber pembiayaan yang berkelanjutan.


(ir/qom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed