Pabrik Uang di Karawang

Uang Rupiah Made in Karawang Sulit Dipalsukan

- detikFinance
Kamis, 30 Mei 2013 11:00 WIB
Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) menjamin produksi kertasnya menggunakan teknologi dan bahan baku khusus. Sehingga, uang kertasnya aman dan sulit dipalsukan.

Menggunakan kertas dan tinta security serta desain khusus, Peruri menjamin keamanan uang kertasnya. Bahkan untuk mata uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000, telah dirancang untuk anti scan. Hal ini, bisa menyulitkan upaya pemalsuan uang.

“Ini baru 2 tahun lalu, ketika tim desain kita ke Amerika. Itu untuk uang kertas pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000,” ucap staf Biro Komunikasi dan Administrasi Perusahaan, Haryo Widjoseno kepada detikFinance di Pabrik Peruri, Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/5/2013).

Di tempat yang sama, Direktur Utama Peruri Prasetio menjelaskan, proses produksi yang dilakukan beberapa tahapan, membuat kualitas dan keamanan uang kertas produksi Peruri sangat terjamin.

Apalagi didukung bahan baku dan pemanfaatan teknologi. Bahkan karyawan yang berniat melakukan pencurian plat untuk upaya pemalsuan uang ditutup aksesnya. Peruri juga siap menerima pengaduan dari institusi dan masyarakat untuk membedakan uang rupiah asli dan palsu.

“Kalau ditengarai uang ini asli atau palsu serahkan ke Peruri untuk dicek. Bahwa ini asli atau palsu? Kita pasti bisa mengidentifikasi. Dengan kemampuan teknologi dan skil yang dimiliki karyawan expert kita, kompetisi, bahan tinta, asli atau tidaknya kertas secure ini bisa diketahui,” tambahnya.
(feb/ang)