Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Agu 2013 14:45 WIB

DBS Batal Akuisisi 100% Saham Bank Danamon, Ini Tanggapan Agus Marto

- detikFinance
Jakarta - DBS Bank Ltd memutuskan untuk membatalkan akuisisi 67,37 persen saham Bank Danamon yang dimiliki oleh Fullerton melalui Asia Financial. Lembaga pemeringkat seperti Fitch Rating pun menilai batalnya aksi korporasi tersebut dikarenakan terlalu ketatnya aturan BI.

Atas alasan tersebut, Fitch menilai akan terjadi gangguan di sektor perbankan RI. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo berpendapat bisnis perbankan di tanah air secara keseluruhan masih cukup sehat. Batalnya DBS dan Danamon tidak akan berpengaruh di sektor bisnis tersebut.

"Kalau terkait dengan DBS Danamon kami meyakini ini tidak terpengaruh dengan bisnis investasi, karena selama ini Indonesia telah membuka diri dan begitu banyak kesempatan untuk melakukan investasi di bidang keuangan dan perbankan," ungkap Agus ketika ditemui usai pelantikan Deputi Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Menurutnya, Indonesia masih sangat terbuka jika dibandingkan dengan negara di kawasan lain. Indonesia, sambung Agus Marto relatif terbuka dan mengundang dan menerima investor-investor yang akan melakukan investasi di bidang perbankan ataupun di keuangan.

"Kalau yang terkait dengan DBS hendak mengakuisisi Danamon memang itu masuk dalam kategori coorporate action untuk mengambil controling shareholder daripada Danamon, tentu hal itu kalau ada perubahan controling shareholder dan itu baru dilakukan sekarang harus patuh pada peraturan BI yang ada sekarang," tuturnya.

Group DBS memang mengajukan akuisisi 67,37 persen saham Bank Danamon yang dimiliki oleh Fullerton melalui Asia Financial.

Namun rencana itu tidak memperoleh lampu hijau dari Bank Indonesia terkecuali dengan syarat agar Bank BUMN Indonesia bisa membuka cabang dan melebarkan bisnisnya yang selama ini dinilai terbatas. DBS hanya mendapatkan 'jatah' saham hingga 40%.



(dru/dru)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com