Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Jan 2014 19:31 WIB

Apa Kabar Redenominasi Rp 1.000 Jadi Rp 1?

- detikFinance
Jakarta - Rencana penyederhanaan mata uang rupiah atau redenominasi harusnya sudah dimulai tahapannya pada tahun 2014. Ini juga tertulis dalam draft undang-undang redenomoniasi yang diajukan ke DPR pada tahun lalu.

Kenapa belum ada realisasinya?

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardajo mengatakan ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan. Terutama adalah kestabilan ekonomi dan politik secara fundamental. Karena itu yang menentukan kesuksesan redenominasi.

"Kita ingin yakini itu sukses, dan salah satu kuncinya itu adalah kalau ekonomi dalam keadaan stabil dan baik," ujarnya di kantor pusat BI, Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Sementara itu kondisi perekonomian ini baru akan menuju kestabilan. Akibat gejolak dari perekonomian global dan inflasi yang berada jauh di atas target pada tahun 2013 serta tantangan dalam perbaikan neraca perdagangan.

"Kita masih punya banyak tantangan dalam perekonomian," sebutnya

Deputi Gubernur BI Ronald Waas menambahkan pembahasan redenominasi masih terius dilakukan. Baik bersama anggota dewan dan para akademisi.

"Apakah rencana ini berhenti? Tentu tidak berhenti. Karena di DPR sudah dibentuk pansus, sudah ada dikusi dengan Pansus beberapa tempat dengan melibatkan untuk mencegah tidak terjadi simpang siur," terang Ronald.



(mkl/dru)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed