Biaya Administrasi ATM Bersama dan ATM Prima Naik 1 Oktober

ADVERTISEMENT

Biaya Administrasi ATM Bersama dan ATM Prima Naik 1 Oktober

- detikFinance
Senin, 08 Sep 2014 08:20 WIB
Jakarta -

Perbankan dalam negeri selalu membebankan biaya administrasi kepada nasabah, mulai dari biaya tabungan sampai tarik tunai di jaringan ATM Bersama dan ATM Prima. Mulai bulan depan biaya administrasi di ATM ini akan naik.

Salah satu bank swasta dalam negeri sudah mulai menyebarkan info rencana kenaikan biaya administrasi ini kepada nasabahnya. Kenaikan ini berlaku efektif mulai 1 Oktober 2014.

"Per awal Oktober ada kenaikan untuk biaya transaksi tarik tunai, tranfer, cek saldo melalui ATM Bersama, ATM Prima, dan ATM lainnya," kata seorang petugas call center bank swasta tersebut kepada detikFinance, Senin (8/9/2014).

Dengan demikian, para pemiliki kartu ATM harus membayar lebih jika melakukan transaksi selain di mesin ATM penerbit kartu. Besaran kenaikan berkisar Rp 1.000 sampai Rp 2.500 untuk setiap transaksi.

"Cek saldo ada kenaikan biaya dari Rp 3.000 ke Rp 4.000, lalu transfer atau tarik tunai ada kenaikan dari Rp 5.000 ke Rp 7.500," sebutnya.

Selain itu biaya transfer antar bank juga naik dari Rp 5.000 menjadi Rp 7.500, juga biaya transaksi tidak berhasil karena saldo tidak cukup Rp 3.000.

Namun sayang pihak bank tidak bisa memberikan alasan naiknya biaya administrasi ini. Perbankan hanya sebatas menerima pemberitahuan dari pengelola jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

"Kami hanya diinfokan kenaikan. Kenapa naik, kami belum diinfokan. Mungkin bisa telepon dekat-dekat sebelum kenaikan atau cek di website kami," ujarnya.

Tidak semua perbankan sudah memberi tahu rencana kenaikan ini kepada nasabahnya. Customer service bank swasta lain yang coba dihubungi detikFinance mengaku belum mendapat informasi dari pusat mengenai rencana kenaikan tersebut.

Apakah bank tempat Anda menyimpan uang sudah mengabarkan rencana ini? Apakah Anda merasa biaya administrasi ATM ini layak naik? Kirim info dan pendapat Anda ke redaksi@detikFinance.com.

(feb/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT