Grup Salim Bikin Perusahaan Asuransi Digital

- detikFinance
Selasa, 13 Jan 2015 12:08 WIB
Direktur JAGADIRI Jullysava C. Aziz dan Presdir Reginald Yosiah Hamdani (Foto: Angga/detikFinance)
Jakarta - Grup Salim merambah bisnis asuransi yang beroperasi di dunia maya melalui produk JAGADIRI hasil kolaborasi PT Central Asia Financial (CAF) dan Asuransi Central Asia (ACA). Asuransi tersebut fokus bergerak secara digital.

Semua operasionalnya dilakukan secara digital, mulai dari pendaftaran asuransi sampai pengajuan dan pengajuan klaim. Penjualan asuransi pun dilakukan melalui kerja sama dengan toko-toko digital alias e-commerce.

Presiden Direktur JAGADIRI Reginald Yosiah Hamdani mengatakan, ini merupakan pertama kalinya asuransi di Indonesia yang bergerak secara digital.

Sehingga penjualan asuransi pun dilakukan tanpa agen, melainkan langsung kepada nasabah. Dengan demikian, premi asuransinya bisa lebih murah dan terjangkau.

"Kami mengusung tiga konsep. Proteksi instant, klaim jangan pusing, harga bagus," katanya ketika berkunjung ke kantor detikcom, Selasa (13/1/2015).

Ia mengatakan, pendaftaran asuransi juga dilakukan melalui website maupun aplikasi mobile. Calon nasabah hanya tinggal mengisi data diri dan mentransfer uang sesuai dengan premi yang sudah disepakati.

"Tinggal ketik nama, transfer uangnya, selesai. Nanti buku polis kami kirim ke email," katanya.

Proses klaim juga tidak memakan waktu. Nasabah tinggal memindai (scan) semua keperluan untuk syarat asuransi, seperti tagihan rumah sakit dan biaya obat, lalu kirimkan via email.

"Saya jamin dalam 14 hari klaim pasti beres, kalau tidak, kita bayar penuh," ujarnya.

Tahun ini, JAGADIRI tidak akan fokus kepada target finansial tapi lebih kepada jumlah pelanggan. Perusahaan membidik 20.000 hingga 25.000 nasabah baru tahun ini.

Menurut pria yang biasa disapa Reggie itu, dengan punya nasabah yang loyal maka lambat laun nasabah tersebut akan bercerita mengenai JAGADIRI kepada teman atau keluarganya.

"Nah, dengan begitu mereka (nasabah) yang akan jadi agen kita," jelasnya.

Perusahaan akan meluncurkan beberapa produk asuransi ini di akhir Januari 2015. Bentuk asuransinya mulai dari kesehatan, kecelakaan sampai jiwa.

(ang/dnl)