Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2015 07:15 WIB

Saktinya Janet Yellen, Wanita Paling Perkasa di Dunia Keuangan

- detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Janet Yellen (Reuters)
Jakarta - Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara penguasa sektor keuangan dunia. Bank sentral AS, yaitu Federal Reserve (The Fed) sebagai pengatur arus dolar, merupakan penggerak sektor keuangan dunia.

Gubernur The Fed, Janet Yellen, merupakan sosok wanita yang selalu menjadi omongan para pelaku sektor keuangan dunia. Tak hanya kebijakannya yang dinanti-nanti, sikap diamnya pun seringkali dijadikan rumor penggerak pasar.

Saat ini kondisi ekonomi AS membaik, pasca krisis global 2008 lalu. Membaiknya perekonomian AS, membuat The Fed memberikan sinyal untuk menaikkan bunga acuannya. Bila bunga di AS naik dari levelnya yang nyaris 0% saat ini, bakal membuat dolar-dolar AS yang lari ke negara lain bakal 'pulang kampung'.

Sampai terakhir The Fed melakukan pertemuan Rabu malam, Yellen tidak memberikan kepastian kapan bunga acuan akan dinaikkan. Padahal sudah muncul spekulasi di pasar keuangan dunia, bunga acuan The Fed akan naik sebelum Juni 2015.

Kondisi ini membuat mata uang di seluruh dunia, termasuk rupiah bertekuk lutut terhadap dolar AS. Bahkan di Indonesia, dolar AS perkasa hingga Rp 13.200.

Berikut cuplikan kisah tentang Yellen, yang menjadi penggerak sektor keuangan dunia, seperti dirangkum detikFinance, Jumat (20/3/2015).

(dnl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com