Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Mei 2015 13:55 WIB

Orang RI Lebih Pilih Ganti HP Ketimbang Punya Asuransi

- detikFinance
Jakarta - Masyarakat Indonesia belum memprioritaskan asuransi dalam hidupnya. Bahkan, asuransi ini menjadi pilihan kelima masyarakat, di antara kebutuhan lainnya.

Selama ini, masyarakat juga menganggap pencairan klaim asuransi masih memakan waktu lama, bahkan bisa tidak cair. Hal-hal seperti ini yang membuat asuransi tidak jadi pilihan utama masyarakat.

"Kata masyarakat asuransi, kita lama kalau klaim. Itu yang jadi salah satu alasan utama produk asuransi itu jadi pilihan kelima," kata Presiden Direktur PT Lippo General Insurance Tbk (LPGI), Agus Benjamin, usai RUPS di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Menurutnya, saat ini masyarakat lebih memprioritaskan biaya pendidikan anak di atas semuanya. Ini yang menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesia.

"Kedua, beli rumah. Ketiga, tabungan di bank, dan yang keempat lifestyle. Orang lebih memilih gaya hidup dulu, bisa ngopi dulu, ganti HP (handphone), segala macam. Dan asuransi nomor lima masuk sebagai lain-lain," ujarnya.

Agus menyayangkan hal tersebut karena masyarakat Indonesia belum mengerti pentingnya asuransi. Padahal, kata dia, asuransi seharusnya menjadi pilihan utama.

"Masyarakat masih pandang negatif asuransi karena lamanya klaim. Tapi di kita, selama persyaratan lengkap, saya bisa jamin di bawah 5 hari," ujarnya.

Ia mengatakan, klaim tiap produk asuransi memang berbeda-beda. Kecepatan pencairan klaim asuransi juga tergantung dari kelengkapan syarat yang diberikan nasabah.

"Tiap produk punya klaim waktu yang berbeda. Asuransi kesehatan di bawah 5 hari. Asuransi mobil di bawah 3 hari. Tapi mau lama mau cepat tergantung syaratnya. Kalau lengkap, kita sendiri bisa bayar 5 hari," katanya.



(Angga Aliya/Wahyu Daniel)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed