Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Jul 2015 13:52 WIB

Bolehkah Uang THR Dipakai Buat Bayar Utang?

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Jakarta - Sudah menjadi hal yang rutin jika menjelang lebaran, para pekerja atau karyawan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Sesuai namanya, THR ini digunakan untuk kebutuhan selama hari raya atau lebaran.

Bagaimana jika THR dipakai untuk bayar utang, bolehkah?

"Nggak masalah asal jangan lupa prioritas untuk keperluan lebaran, jadi nggak terhambat lebarannya," ujar Perencana Keuangan Safir Senduk kepada detikFinance, Rabu (8/7/2015).

Menurut dia, fokus utama penggunaan THR adalah untuk keperluan selama hari raya atau lebaran. Kalau pun terpaksa dana THR harus dipakai untuk bayar utang, hitung dulu secara rinci kebutuhan dana untuk lebaran, baru sisihkan untuk bayar utang.

Safir merinci, pos paling besar alokasi THR adalah untuk memenuhi kebutuhan liburan atau bersenang-senang, porsinya mencapai 50%. Namanya libur lebaran yang momennya terjadi setahun sekali, wajar jika pos ini dapat porsi paling tinggi.

Nah, pos liburan ini bisa dipangkas jika terpaksa kita harus menggunakan uang THR untuk bayar utang. Porsi bayar utang bisa diambil maksimal 30% dari THR, sisanya untuk liburan atau bersenang-senang.

Kenapa pembayaran utang diambil dari pos liburan? Karena pos-pos lain tentu tidak bisa diganggu gugat, fokus untuk keperluan hari raya atau lebaran.

Sisa 50% dari alokasi THR tentu untuk keperluan utama yaitu untuk pemberian THR kepada para asisten kita seperti pembantu rumah tangga, suster, atau sopir sebesar 10%.

Kemudian untuk transportasi mudik dengan segala perlengkapan dan kebutuhannya juga untuk keperluan silaturahim, dialokasikan sebesar 20-30%.

Sementara sisanya 10-20% dipakai untuk bagi-bagi angpao kepada sanak saudara seperti keponakan.

Perlu diingat, bayar utang pakai uang THR boleh saja, asal jangan sampai mengorbankan keperluan libur lebaran kita.

(drk/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed