Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Jul 2016 10:42 WIB

Satelit BRI

Satelit BRI Sudah Mengorbit di Langit Papua

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) atau BRIsat yang diluncurkan bulan lalu sudah mencapai orbit di langit Papua atau pada kordinat 150,5 Bujur Timur (BT).

Setelah BRIsat tiba pada orbitnya, bank pelat merah itu akan melakukan serah terima operasi dan penggunaan dari pihak Arianespace.

"Sudah orbit. Sekarang lagi proses melanjutkan di-hand over. Sudah di langit Papua di 150,5 Bujur Timur," jelas Direktur Utama BRI Asmawi Syam saat menghadiri halalbihalal di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2016).

Sambil menunggu satelit BRI beroperasi secara penuh, berbagai pihak terkait tengah melakukan berbagai persiapan dan uji operasional. Harapannya, BRIsat dapat beroperasi secara penuh pada bulan Agustus 2016 mendatang.

"Sekarang masih tes-tes semua, pihak-pihak masih duduk sekitar 2 bulan sampai Agustus," kata Asmawi.

Dengan beroperasinya BRIsat bulan depan, diharapkan dapat mempermudah nasabah BRI dalam melakukan transaksi digital hingga ke berbagai pelosok daerah.

"Teknologi kita sudah buat e-pasar BRI, tinggal kembangkan kapasitas kita agar yang ada bisa kita manfaatkan sebesar-besarnya. Juga untuk kembangkan yang laku pandai juga butuh transponder juga," ujar Asmawi. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com