Follow detikFinance
Jumat 19 Aug 2016, 15:32 WIB

Ingin Ikut Asuransi Jiwa, Ini Tipsnya Agar Tak Tertipu

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ingin Ikut Asuransi Jiwa, Ini Tipsnya Agar Tak Tertipu Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Kebutuhan akan perlindungan diri terhadap hal yang tidak diinginkan semakin tinggi. Risiko kecelakaan dan kematian bisa terjadi kapan saja bahkan di saat dana untuk menanggung hak tersebut tidak mencukupi. Maka kebutuhan untuk terdaftar menjadi nasabah asuransi jiwa menjadi kebutuhan yang amat penting saat ini.

Berbagai asuransi jiwa di Indonesia pun hadir menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing dengan premi atau biaya iuran yang beragam. Masyarakat pun dituntut untuk memahami produk dan perusahaan asuransi yang terbaik agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Terlebih lagi, belakangan ini hadir produk asuransi jiwa yang terhubung dengan investasi yang dapat ditarik dananya dalam periode tertentu jika tidak ada klaim.

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Hendrisman Rahim menyebutkan beberapa hal yang harus diketahui sebelum mendaftar menjadi nasabah asuransi jiwa. Pertama, calon nasabah harus mengenali agen yang menawarkan produk. Masyarakat diminta untuk melibatkan feeling saat agen menawarkan produk asuransi jiwa.

Seorang agen yang berasal dari perusahaan asuransi terdaftar akan secara detail menjelaskan varian produk asuransi jiwa kepada calon nasabah. Jika agen yang menjual produk asuransi mampu meyakinkan diri anda untuk ikut membeli produk asuransi maka bergabunglah.

"Ini channel distribusi macam-macam, bisa melalui bancassurance, bisa melalui agen, bisa melalui direct selling. Kita melihatnya bagaimana kita beli, satu bagaimana orang itu datang ke kita. Dia pasti akan mencoba memenuhi kebutuhan kita. Kalau anda bertemu dengan agen, kalau dia bisa meyakinkan anda bahwa apa yang disampaikan sesuai dengan keperluan saya, do it," jelas Ketua Umum AAJI, Hendrisman Rahim saat konferensi pers MDRT Day 2016 di Rumah AAJI, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2016).

Calon nasabah juga diminta untuk aktif bertanya mengenai beragam produk asuransi yang ditawarkan. Seorang agen asuransi yang asli akan menjelaskan hingga calon nasabah mengerti produk-produk asuransi. Selain itu, calon nasabah juga diminta aktif mencari informasi secara lengkap terkait lembaga asuransi yang menaungi agen tersebut.

"Jadi pastikan kalau anda beli dari agen, pastikan agen itu menjelaskan dengan clear. Produknya segala macam dengan clear. Lembaga asuransinya juga harus jelas, kalau belum jelas bisa mencari informasi lewat internet. Ini sebenarnya follow your move," kata Hendrisman.

"Tetapi kalau agen sudah berani menjual kepada anda berarti dia punya background perusahaan yang bagus," tambahnya.

Langkah-langkah tersebut perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa. Terlebih lagi saat ini produk asuransi bisa digunakan sebagai lahan investasi dan dapat ditarik dananya dalam periode tertentu. Asuransi saat ini tak lagi hanya menjadi fasilitas pelindung diri, juga sebagai sarana investasi masa depan. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed