Bos BCA: Ada Momen Lebaran, Permintaan Kredit di Juni Naik Kencang

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2016 12:50 WIB
Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pertumbuhan kredit perbankan di Juni 2016 masih menjadi yang tertinggi tahun ini. Hal ini dikarenakan banyaknya nasabah mengambil kredit untuk kebutuhan lebaran hingga liburan pada bulan Juni.

"Trennya itu Juni naik kencang karena sebelum Lebaran dan kebutuhannya banyak," jelas Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam acara Indonesia Knowledge Forum V 2016 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Setelah Lebaran, pertumbuhan kredit mengalami perlambatan karena menurunnya permintaan. Pada bulan Agustus permintaan kredit mulai tumbuh positif namun sayangnya belum bisa mengalahkan permintaan kredit di bulan Juni.

"Lalu Juli mulai turun, itu mulai turun. Lalu Agustus mulai naik tapi belum bisa mengimbangi Juni. September kita harapkan sama dengan posisi Juni lah," tutur Jahja.

Pada kuartal IV-2016, pertumbuhan kredit pun diperkirakan belum tumbuh baik. Hal ini dikarenakan banyaknya nasabah yang memilih untuk melunasi utangnya dibandingkan untuk mengajukan kredit ke bank.

"Kuartal IV masih teka-teki. Dari segi bisnis kita harapkan bisa bertambah baik, tapi mereka lebih milih mengembalikan pinjaman dan kita belum bisa baca seberapa besar," tutup Jahja. (hns/hns)