Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Okt 2016 17:01 WIB

Semua Transaksi Elektronik Bakal Pakai Tanda Tangan Digital

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Untuk meningkatkan keamanan transaksi keuangan elektronik, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerapkan sistem tanda tangan digital. Tanda tangan digital dari nasabah akan direkam ke dalam sebuah sistem informasi lembaga keuangan yang nantinya dapat digunakan sebagai proses persetujuan dari sebuah transaksi.

Tanda tangan digital yang dimaksud berupa password khusus yang dapat digunakan untuk mengakses transaksi keuangan elektronik. Tanda tangan digital juga berisi informasi lengkap mengenai nasabah sehingga transaksi elektronik semakin aman.

"Dalam rangka mendukung keamanan transaksi keuangan elektronik, OJK akan memberlakukan tanda tangan digital atau digital signature. Jadi dokumen digital bisa dicek keabsahannya dengan alat," tutur Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto saat berbincang bersama media di Gedung OJK, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2016).

Dalam menerapkan sistem tanda tangan digital pada transaksi elektronik, OJK menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika. OJK akan memberikan Certificate Authority (CA) sebagai jaminan bahwa transaksi elektronik yang telah ditandatangani secara digital adalah aman dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

"OJK akan jadi otoritas yang memberikan sertifikat untuk digital signature kepada setiap pihak yang melakukan transaksi digital," kata Rahmat.

Penerapan tanda tangan digital juga rencananya akan dilakukan pada salah satu jenis fintech, yaitu crowd funding. Praktik penggalangan dana untuk pendanaan proyek dari sejumlah orang lewat media internet juga harus menggunakan tanda tangan digital dalam melakukan transaksi.

"Jadi fintech itu yang melakukan kegiatan di bidang crowd funding itu dia wajib menerapkan digital signature. Itu harus mendapatkan sertifikat OJK, root-nya di Kemenkominfo," ujar Rahmat. (drk/drk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com