Hingga Oktober 2016, Ada 2,1 Juta Nasabah BTPN Wow!

Sukma Indah Permana - detikFinance
Kamis, 24 Nov 2016 22:00 WIB
Foto: Sukma Indah Permana
Sleman - Sejak diluncurkan pada pertengahan 2015, layanan BTPN Wow! mengalami pertumbuhan signifikan. Hingga Oktober 2016 tercatat telah ada 2,1 juta nasabah Pulau Sumatera dan Jawa.

BTPN Wow! sendiri merupakan salah satu layanan perbankan yang ditawarkan BTPN dengan memanfaatkan ponsel GSM.

Senior Vice President, Sales Management Head Muhammad Reza Rizal menyampaikan hal ini sebagai bentuk dukungan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) terhadap inovasi layanan Laku Pandai yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Inovasi ini sebagai kunci utama untuk bisa membuka akses keuangan bagi segmen mass market," ujar Reza dalam acara Media Briefing BPTN Wow! di Restoran Sasanti, Sleman, Kamis (24/11/2016).

Hal ini berkaitan dengan fakta masih tingginya jumlah masyarakat yang belum tersentuh layanan jasa keuangan seperti transfer dan menabung.

"Sampai Oktober 2016, jumlah agen BTPN Wow! sudah mencapai 130 ribu dengan 2,1 juta nasabah," imbuhnya.

Lalu mengapa layanan ini diciptakan untuk dapat diakses dengan ponsel GSM, Reza mengungkapkan dari 60 desa di Indonesia, hanya 31 persen di antaranya yang memiliki sinyal kuat internet. Sehingga layanan ini menggunakan layanan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) dengan nomor *247# yang dapat beroperasi di ponsel GSM, bahkan dengan kondisi sinyal minimum.

"Minimal bisa kirim SMS," kata Reza.

Tanpa buku rekening dan prosedur yang repot, siapa saja bisa memiliki rekeningnya sendiri. Nomor HP akan menjadi nomor rekening nasabah.

Selain bisa menabung, nasabah juga bisa melakukan sejumlah transaksi lainnya mulai dari membeli pulsa HP, pulsa listrik, dan transfer ke semua rekening bank secara real time.

Tak hanya itu dengan konsep keagenan, nasabah tidak perlu ke bank untuk membuka rekening, setor atau tarik tunai. Dengan adanya agen yang berada dekat dengan tempat tinggal nasabah akan mempermudah proses tersebut.

"Karena sudah ada ketentuan dari OJK soal Laku Pandai, nggak boleh ada saldo minimal, tidak boleh ada biaya bulanan, tidak ada setoran minimal, setoran tunai gratis, tarik tunai biaya 4 persen dari nilai tarik tunai, maksimal Rp 7.500," ulasnya.

Untuk saat ini BTPN Wow! hanya melayani tabungan saja. Namun selanjutnya layanan ini akan dikembangkan ke asuransi dan pinjaman. Namun masih dibutuhkan penyempurnaan terutama di bagian infrastrukturnya.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa (terealisasi)," kata Reza. (sip/hns)