Selain Rupiah, Peruri Juga Pernah Cetak Uang Negara Lain

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 28 Des 2016 17:47 WIB
Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas mencetak uang rupiah bagi Republik Indonesia (RI).

Walau bertugas untuk mencetak uang rupiah bagi RI, namun ternyata Peruri juga pernah mencetak beberapa mata uang luar negeri. Mata uang negara lain yang pernah dicetak Peruri antara lain, mata uang Nepal, Somalia, dan Argentina.

"Peruri juga beberapa kali mencetak uang luar negeri, misalnya mata uang Nepal, Somalia, juga pernah Argentina," ungkap Head of Corporate Secretary Peruri, Eddy Kurnia kepada detikFinance di Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Selain mata uang negara lain, ternyata Peruri juga pernah dipercaya untuk mencetak sejumlah dokumen penting negara lain, seperti paspor contohnya.

"Selain mata uang, Peruri juga pernah mecetak dokumen security dari luar negeri, termasuk di dalamnya adalah mencetak uang," kata Eddy.

Eddy menjelaskan, Peruri dalam menjalankan tugasnya untuk mencetak mata uang, selalu memperhatikan sejumlah aspek penting, antara lain tingkat kemanan serta kualitas dari uang yang dicetaknya.

"Peruri mempunyai kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni untuk mencetak uang, mempunyai mesin yang sangat canggih di area produksi Peruri di karawang di luas 202 hektar," jelas dia.

Ia pun mengungkapkan, Peruri telah mencetak rupiah sejak sekitar 45 tahun lamanya, atau sejak Peruri berdiri pada tahun 1971 silam.

"Bertahun-tahun sejak Peruri ini didirikan, dari tahun 71, sampai dengan saat ini dan ke depan (pencetakan rupiah) itu dikerjakan oleh Peruri atas penugasan oleh BI (Bank Indonesia) dari dulu, saat ini, hingga ke depan," tutur dia. (ang/ang)