Rupiah Desain Baru Belum Banyak Beredar di Bank

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Selasa, 10 Jan 2017 10:42 WIB
Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - Bank Indonesia (BI) pada pertengahan Desember lalu menerbitkan 11 pecahan rupiah baru Tahun Emisi (TE) 2016. Dari 11 pecahan tersebut, 7 merupakan pecahan uang kertas, dan 4 lainnya pecahan uang logam.

Hampir satu bulan berjalan, rupiah baru yang diterbitkan BI sampai saat ini belum banyak ditemui di bank-bank Ibu Kota. Masyarakat yang ingin memiliki rupiah baru karena desainnya yang dianggap bagus.

detikFinance mendatangi Kantor Cabang Pembantu (KCP) BNI di bilangan Matraman, Jakarta Timur. Persediaan rupiah baru untuk penukaran belum tersedia di salah satu bank BUMN ini.

"Kita belum, belum sampai sini," jelas Afif Wahyu Wiranto, Teller BNI KCP Matraman kepada detikFinance, Jakarta Timur, Selasa (10/1/2017).

Padahal, sejak pertama kali dirilis masyarakat sekitar sudah ramai ingin menukarkan rupiah lamanya ke rupiah baru. Namun, agaknya masyarakat perlu sedikit bersabar karena distribusi rupiah baru ke bank masih belum banyak.

"Sudah banyak yang tanya. Belum sih, katanya Januari tapi belum juga," tutur Afif.

Selain itu, penukaran rupiah lama ke rupiah baru juga belum bisa dilakukan di Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Matraman. Distribusi rupiah baru dari BI juga belum ada di salah satu bank swasta terbesar tersebut.

"Belum ada, belum sampai sini," tutur Febby, Teller KCU BCA Matraman. (dna/dna)