Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Jan 2017 11:30 WIB

BRI Targetkan Pertumbuhan Kredit 15% Tahun Ini

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memprediksi pertumbuhan kredit perseroan tahun ini bisa mencapai 15%. Angka ini tidak berbeda jauh dengan pertumbuhan kredit BRI tahun lalu yang berada di level 13-15%.

"Di angka saya kira tidak akan jauh-jauh lah. Sekarang kita 13-15%, ya di angka 15%-an lah," jelas Direktur Utama BRI Asmawi Syam dalam acara Pertemuan Tahunan Pelaku Indsutri Jasa Keuangan di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017) malam.

Selain itu, sesuai dengan fokus penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini ke sektor produktif, BRI juga berkomitmen untuk melakukan hal tersebut. Selama ini, sebagian besar KUR disalurkan ke sektor perdagangan yang dirasa kurang banyak memberikan dampak kepada masyarakat.

Dengan fokus penyaluran KUR ke sektor pertanian, perikanan, hingga perkebunan diharapkan dapat memberikan multiplier effect yagn lebih besar bagi masyarakat. Dengan disalurkannya KUR ke sektor produktif tersebut juga diharapkan dapat lebih banyak menyerap tenaga kerja.

"KUR kita tahun ini sektor produktif, artinya bisa penyerapan tenaga kerja. Dengan adanya serapan tenaga kerja maka daya beli masyarakat meningkat, dengan daya beli meningkatkan otomatis ada demand terhadap konsumsi meningkat," jelas Asmawi.

Selain itu, penyaluran kredit ke sektor infrastruktur yang sudah dilakukan oleh BRI juga ikut memberikan dampak ekonomi yang cukup besar. Dengan dibangunnya berbagai infrastruktur maka timbul lapangan kerja baru yang juga bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

"Infrastruktur kan sudah jalan, tapi yang dibangun bukan infrastrukturnya saja, pekerjanya juga kan menggerakkan sektor lain. Misalnya semen, baja, kemudian lapangan kerja kemudian turunannya, itu akan meningkat semua," tutup Asmawi. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com