Pakai Tabungan Jenius, Buka Rekening Hanya dari Ponsel

Muhammad Idris - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2017 17:25 WIB
Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Tangerang - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) memiliki layanan digital banking dengan nama Jenius. Yang unik dari layanan ini, salah satunya yakni membuka rekening yang sangat mudah tanpa perlu mendatangi kantor cabang bank.

Pembukaan rekening hanya perlu dilakukan dengan mengunduh aplikasi Jenius yang tersedia di Android maupun iOS. Secara otomatis, nasabah akan mendapatkan 2 kartu debit yakni e-card sebagai uang virtual, dan m-card sebagai kartu debit fisik yang akan dikirimkan ke alamat nasabah.

Product and Value Proposition Head Jenius, Irwan Trisnabudi, menjelaskan pembukaan rekening hanya perlu dilakukan dengan mengisi registrasi dalam aplikasi. Pembukaan rekening pun tidak dikenakan biaya administrasi maupun saldo minimum.

"Kalau buka rekening di bank 30 sampai 45 menit, sudah begitu ada fee Rp 15.000, saldo minimal Rp 50.000, ini tidak familiar. Kalau Jenius buka rekening tak perlu pergi ke bank, daftar di aplikasi, kartu (debit) diantar langsung ke rumah," kata Irwan di acara Inovasi Digital untuk Kemudahan di Intro Jazz, BSD, Tanggerang Selatan, Rabu (25/1/2017).

"Misal di awal bulan Anda punya uang Rp 500.000, kemudian di akhir bulan uang Anda hanya 23.000. Tidak ada penalti, uangnya uang Anda," katanya lagi.

Soal keamanan, lanjut dia, juga sangat terjamin dengan fitur blok yang dimiliki Jenius. Nasabah tak perlu khawatir saat gadget maupun kartu debit fisik hilang.

"Jenius ini bukan hanya di mobile, tapi juga tersedia di web dengan tampilan sama. Bisa melakukan transaksi sama persis seperti di aplikasi dengan memasukkan user name dan password," ujar Irwan.

"Saat handphone hilang tinggal masuk ke sistem secure kita di web. Bisa kita blok dari situ. Jadi saat beli handphone baru tinggal diaktivasi kembali dengan akun yang sama," ucapnya.

Irwan menegaskan, Jenius bukan uang elektronik, melainkan tabungan dari teknologi digital banking. Uang tabungan yang disimpan di Jenius pun mendapatkan bunga yang nilainya 5% per tahun.

"Ini bukan uang elektronik tapi tabungan, ada bunganya 5% per tahun jika menyimpan uangnya di Jenius, ini produk tabungan yang dilindungi OJK. Pengisian saldo Jenius bisa lewat ATM atau transfer dari semua bank," pungkas Irwan. (idr/dna)