Buka Tabungan Digital di Jenius, Nama Jadi Nomor Rekening

Muhammad Idris - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2017 18:05 WIB
Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - Dalam urusan produk digital banking, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk bisa disebut-sebut sebagai pionernya di Indonesia. Bank yang terkenal dengan fokus pengembangan UMKM dan pensiunan ini sudah meluncurkan aplikasi Jenius.

Jenius merupakan rekening tabungan dengan segala kemudahan transaksi, pembuatannya hanya perlu mendowload aplikasinya di Android dan iOS tanpa perlu pergi bank. Dengan bunga tabungan 5% per tahun, Jenius juga tidak dikenakan fee bulanan dan ketentuan saldo minimum.

Product and Value Proposition Head Jenius, Irwan Trisnabudi menjelaskan, salah satu kelebihan tabungan Jenius yakni nomor rekening yang bisa menggunakan nama nasabah, sehingga mudah diingat dan sangat ramah untuk pelaku usaha seperti e-commerce.

"Dengan Cahstag, nama bisa Anda bisa dipakai sebagai nomor rekening. Ini sangat berguna untuk home industry yang enggak punya toko. Kalau ada yang mau bayar tinggal sebutkan nama, tak perlu nomor rekening yang sampai 12 (digit). Bisa ikuti nama sendiri, atau nama tokonya," ujarnya di acara Inovasi Digital untuk Kemudahan di Intro Jazz, BSD, Tanggerang Selatan, Rabu (25/1/2017).

Fitur lainnya yakni Dream Saver, fasilitas ini memungkinkan nasabah Jenius bisa mengatur pengeluaran, serta menabung untuk mewujudkan tujuan dan mimpi lewat tabungan harian secara otomatis.

"Anda punya mimpi misalnya ke Paris, bisa pasang foto Paris, kemudian Jenius akan membantu dengan tabungan harian. Kalau kartu kredit beli dulu cicil belakangan. Kalau ini nabung dulu bayar belakangan. Anda ke Bali pakai kartu kredit gesek dulu, bebannya 12 bulan ke belakang," ujar Irwan.

Seperti halnya tabungan konvensional, Jenius memiliki beberapa fitur, namun semuanya terasa mudah lantaran hanya perlu 3 langkah saja lewat gadget.

Beberapa fitur lain seperti Send It untuk mentransfer uang ke pengguna Jenius lain atau rekening semua bank, Pay Me untuk mengirim permintaan uang, dan Split Bill untuk berbagi tagihan dengan teman atau keluarga.

"Anda atau teman ke restoran tapi tidak bawa dompet, bisa tetap membayar sesuai tagihan masing-masing dengan Split Bill," terang Irwan.

Setelah meregistrasi di aplikasi, nasabah akan mendapatkan 2 kartu debit yakni e-card sebagai kartu virtual untuk berbagai macam pembayaran, dan kartu m-card sebagai kartu debit fisik yang akan dikirimkan langsung ke alamat nasabah.

"Kartu ini merupakan kartu debit Visa sehingga bisa digunakan untuk transaksi jaringan perbankan nasional, dan sistem pembayaran internasional, yang memungkinkan untuk transaksi belanja online," pungkas Irwan.

Selain itu, nasabah Jenius juga bisa menambah sampai 3 kartu debit lagi dengan X-Card jika menginginkannya. Ketiga kartu debit fisik tersebut bisa dipakai untuk pengeluaran-pengeluaran tertentu. (idr/dna)