Buka Tabungan Jenius, Bisa Punya 5 Kartu Debit Sekaligus

Muhammad Idris - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2017 18:20 WIB
Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - Membuka rekening tabungan kini tak perlu lagi repot pergi ke bank. Hal itulah yang mendasari PT Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) Tbk meluncurkan produk digital banking yang diberi nama Jenius.

Jenius merupakan produk tabungan yang pembuatan rekeningnya hanya perlu mengunduh aplikasi di iOS maupun Android. Kelebihannya, tabungan Jenius bisa dipakai untuk mengatur pengeluaran dengan sangat optimal.

Product and Value Proposition Head Jenius, Irwan Trisnabudi menjelaskan, nasabah bisa mendapatkan 5 kartu debit sekaligus untuk pengaturan pengeluaran. Saat membuka tabungan jenius, nasabah otomatis mendapatkan 2 kartu debit yakni e-Card sebagai kartu debit virtual layaknya e-money, serta m-Card berupa kartu fisik yang dikirimkan ke alamat nasabah.

Tiga kartu lainnya yakni x-Card, sama seperti e-Card dan m-Card, kartu tersebut bisa dipakai untuk tarik tunai dan transaksi belanja online dan offline di berbagai merchant berlogo Visa. Kartu debit x-Card sendiri baru bisa diperoleh dengan mendaftarnya di aplikasi Jenius dan dikirim 2 minggu kemudian.

Irwan Trisnabudi, menjelaskan penggunaan x-Card ditujukan agar nasabah bisa membagi pengeluaran ke pos-pos tertentu sesuai kebutuhan, serta mengalokasikan dana dari rekening Jenius ke dalam masing-masing x-Card.

Nasabah akan mendapatkan 3 kartu dengan warna berbeda yaitu biru, hijau, dan ungu. Setiap kartu x-Card pun dilengkapi 6 nomor pin sebagai pengaman.

"Gunanya untuk batasi pengeluaran, misalnya warna ungu buat belanja bulanan, biru untuk beli bensin saja, hijau untuk kebutuhan darurat. Saldo tinggalkan pindahkan dari rekening Jenius ke kartu debit," kata Irwan di acara Inovasi Digital untuk Kemudahan di Intro Jazz, BSD, Tanggerang Selatan, Rabu (25/1/2017).

Lewat alokasi pada masing-masing kartu, pengeluaran bisa diatur dengan sangat optimal. Bahkan sangat bermanfaat untuk pengawasan belanja.

"Misalnya untuk supir, kasih kartu biru khusus untuk beli bensin, dengan saldo sekian bisa beli sekian liter. Atau kasih anak kartu x-Card untuk kebutuhan beli buku, tapi si anak ternyata dipakai buat nonton bioskop. Semua transaksi masing-masing kartu bisa dicek di transaction history. Apa benar kartunya dipakai untuk beli buku atau ke bioskop, bisa tahu semua," jelas Irwan.

Irwan menegaskan, Jenius bukan uang eletronik, melainkan tabungan dari teknologi digital banking. Uang tabungan yang disimpan di Jenius pun mendapatkan bunga yang nilainya 5% per tahun.

"Ini bukan uang eletronik tapi tabungan, ada bunganya 5% per tahun jika menyimpan uangnya di Jenius, ini produk tabungan yang dilindungi OJK. Pengisian saldo Jenius bisa lewat ATM atau transfer dari semua bank," pungkas Irwan. (idr/dna)