Daftar Nama Bankir Dalam Perebutan Kursi Bos OJK

Maikel Jefriando - detikFinance
Rabu, 08 Feb 2017 11:34 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Para bankir ternyata banyak yang ikut berburu kursi Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mulai dari bankir yang berasal dari perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga dari swasta.

Demikianlah yang tertera dalam surat pengumuman dari Panitia Seleksi DK OJK yang dikutip detikFinance, Rabu (8/2/2017). Secara total ada 107 calon yang lulus seleksi tahap I, yaitu seleksi administrasi.

Beberapa nama bankir tercantum, di antaranya adalah Zulkifli Zaini dari Ikatan Bankir Indonesia, Wimboh Santaoso dan Abiprayadi Riyanto dari PT Bank Mandiri persero Tbk, Franky Ariyadi, Lucky Fathul Aziz Hadibrata dan Irman Alvian Zahiruddin dari PT BTN persero Tbk.

Selanjutnya adalah Muhamadian Rostian-PT Bank ANZ Indonesia, Farid Rahman-PT Bank Woori Saudara Indonesia, Ubaidillah Nugraha-PT Bank Ekonomi (HSBC Group), Ashari-PT BPR Tapeunadana, Doddy Setyantoko Soewito-PT Bank Amar, Zaenal Aripin-PT BPR Lexi Pratama Mandiri, dan Zahrul Hadiprabowo-PT BPHRS Harta Insan Karimah.

Di samping itu juga ada dari kalangan pensiunan bankir, yaitu Ahmad Fahri Saifuddin, pensiunan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan dan Patar Hutasoit, Pensiunan PT BRI persero Tbk.

Para calon yang sudah lulus seleksi akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu penilaian masukan dari masyarakat, rekam jejak dan makalah. Keputusan pansel bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Diketahui, Pansel ini beranggotakan 9 orang, yang terdiri atas unsur Pemerintah, Bank Indonesia (BI), serta perwakilan dari masyarakat industri jasa keuangan. Pansel diketuai oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

(mkj/mca)