Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 23 Feb 2017 15:41 WIB

Melirik Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal I 2017

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini diprediksi lebih baik dari 2016. Asumsi peerintah adalah 5,1%. Faktor pendorongnya adalah perbaikan harga komoditas yang sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu.

Pada kuartal I-2017, Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi tadinya mencapai 5,05%. Namun sekarang diproyeksikan akan lebih rendah.

"Kita memang mengikuti sebelumnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2017 kuartal I itu diperkirakan dikisaran 5,05%. Tetapi kajian kita terakhir mungkin agak lebih rendah dari itu," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo usai peluncuranBantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di GOR Popki Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017).

Agus sedikit menyinggung bagaimana belanja pemerintah ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Jika mengalami pemangkasan, maka pertumbuhan ekonomi secara nasional juga ikut turun.

"Dan dalam banyak hal adalah pengaruh daripada pengeluaran pemerintah. Kita kan sama-sama mengetahui pengeluaran pemerintah di semester II-2016 itu ada konsolidasi," ujar Agus.

"Dan peran dari pada pengeluaran pemerintah bagi pertumbuhan ekonomi itu efektif sekali," lanjut Agus. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com