Follow detikFinance
Senin 27 Feb 2017, 13:51 WIB

Rencana Trump Bikin Galau OJK Soal Kebijakan Bunga Deposito

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rencana Trump Bikin Galau OJK Soal Kebijakan Bunga Deposito Foto: Ari Saputra
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memangkas jarak capping alias batas atas bunga deposito antara bank BUKU IV dan BUKU III. Saat ini jarak capping bunga deposito antara bank BUKU IV dan BUKU III sebesar 25 basis poin (bps). Pemangkasan capping tersebut direncanakan dilakukan tahun ini.

Saat ini, capping bunga deposito untuk bank BUKU III maksimal 100 bps di atas Bank Indonesia (BI) seven days repo rate, sedangkan untuk bank BUKU IV maksimal 75 bps di atas BI seven days repo rate. Pemangkasan jarak capping bunga deposito nantinya bisa berada di kisaran 10-20 bps.

Dalam hal ini, OJK masih menunggu kepastian soal kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) Fed Fund Rate (FFR). Pasalnya masih ada ketidakpastian soal berapa kali kenaikan suku bunga acuan AS di tahun ini.

"Timingnya belum, kami masih lihat kepastian dari Amerika Serikat (AS), terutama sumbernya dari sana yang katanya masih ada kemungkinan Fed Rate naik apakah dua kali atau tiga kali," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Nelson Tampubolon dalam acara Launching Aplikasi Sistem Informasi Ketentuan Perbankan Online (SIKePO) di Menara Radius Prawiro Kompleks BI, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017).

Ketidakpastian suku bunga AS muncul pasca terpilihnya Presiden AS Donald Trump. Trump berencana menggenjot pertumbuhan ekonomi lebih agresif lewat instrumen fiskal. Risiko yang muncul adalah penyesuaian dari suku bunga AS yang dimungkinkan naik lebih cepat dari rencana sebelumnya.

Nelson menambahkan, pemangkasan capping bunga deposito bukan tidak mungkin dilakukan tahun ini. Selain menunggu kepastian dari kenaikan suku bunga AS, OJK juga melihat rasio likuiditas bank BUKU III dan BUKU IV.

"Tergantung likuiditas. Kalau bisa merespon kenaikan itu, bisa saja kami adjust," kata Nelson.

Ia juga menegaskan bahwa sementara ini OJK masih fokus untuk memangkas bank BUKU III dan BUKU IV. Setelah itu, OJK akan melakukan evaluasi terkait dampak pemangkasan capping bunga deposito untuk kedua jenis bank tersebut.

"Masih, karena memang apapun nanti yang kami akan lakukan perubahan dampaknya pasti ada," tutup Nelson. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed