Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Mar 2017 23:25 WIB

Ini Jurus BNI Permudah Masyarakat Bayar Tol Hingga KRL

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma/detikFinance Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Melalui event BNI Java Jazz Festival, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) punya misi mengajak masyarakat terbiasa bertransaksi non tunai Hal tersebut diungkapkan Direktur Consumer Banking BNI, Anggoro Eko Cahyo, kepada wartawan di Booth Media Center BNI di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Anggoro menyebutkan, pengunjung BNI Java Jazz Festival 2017 diharapkan tertarik memakai TapCash yang merupakan produk transaksi non tunai.

"Kalau tahun lalu kita enggak pasang stand refund, supaya setelah selesai dia kantongin dan harus pakai lagi, jadi dia akan isi, itu adalah salah satu paksaan yang baik, karena buat mereka lebih mudah," kata Anggoro.

Saat ini, kata Anggoro, pengguna kartu TapCash Bank BNI masih dominan di sektor transportasi seperti transaksi di gerbang tol, kereta api commuter line dan juga bus.

"Memang TapCash itu bisnis modelnya yang entry poinnya dari transportasi, karena tiket size-nya kecil dan sering, TapCash itukan karena nature uangnya ada di kartu jadi begitu transaksi (tap) langsung didebet enggak perlu ke bank, sekian detik langsung bisa transaksi, jadi bisnis TapCash ini bermula dari transportasi, jalan tol, kereta commuter, bus," tambahnya.

Dalam memperluas jangkauan pengguna, Anggoro menuturkan, Bank BNI tidak menutup kemungkinan akan bekerja sama dengan ritel-ritel kecil seperti Alfamart dan Indomaret. Hal itu juga untuk membiasakan masyarakat di daerah-daerah yang selama ini masih minim pengetahuannya soal transaksi non tunai.

"Kalau di daerah nanti bisa di ritel kecil seperti Alfamart dan Indomaret itu nanti jadi tahapan, kalau di daerah tentu yang pertama masuk adalah jalan tol, di Jawa ini kan dari Jakarta, Jawa lalu Surabaya sudah ada tol, itu masuk di situ, kalau sudah ada kereta api dalam kota bisa masuk ke situ juga, bahwa nanti ke riteler juga bisa," jelasnya.

Adapun, lanjut Anggoro, BNI akan memfokuskan pengembangan kartu TapCash pada pintu-pintu tol di Pulau Jawa. Bahkan, untuk memudahkan masyarakat mengisi ulang kartu, BNI siap memperbanyak tempat pengisian ulang.

"TapCash ini kita memulainya tol dulu, pintu tol itu walaupun sudah ada GTO tapi yang tunai kan antri dan bisa melakukan transaksi non tunai juga, itu juga potensi, lama-lama itu akan GTO semua, karena merubah kebiasaan itu butuh waktu," tandasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com