Follow detikFinance
Senin 13 Mar 2017, 16:59 WIB

Cerita Sri Mulyani Soal Calon Bos OJK yang Menangis Saat Seleksi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Cerita Sri Mulyani Soal Calon Bos OJK yang Menangis Saat Seleksi Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya berhasil menyerahkan 21 nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 21 nama yang diserahkan ke Jokowi merupakan mereka yang lolos seleksi tahap IV berupa wawancara dari tanggal 9-11 Maret 2017 kemarin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ada beberapa kandidat yang bahkan menitihkan air matanya saat mengikuti proses wawancara. Proses wawancara dilakukan dengan sangat mendalam meliputi visi, misi, sikap terhadap permasalahan OJK, dan program strategis serta kepemimpinan dan integritas calon berdasarkan rekam jejak.

"Bahkan ada satu dua yang kami wawancara sampai mengeluarkan air mata, ada yang sampai keringat dingin. Itu bukan karena kami melakukan apa-apa, tapi karena kami sangat concern untuk mencari yang terbaik," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Panitia Seleksi Dewan Komisioner OJK 2017-2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2017).

Sri Mulyani menambahkan, ada kandidat yang memiliki kompetensi mumpuni di sektor jasa keuangan namun tidak ikut dalam seleksi calon Dewan Komisioner OJK. Hal ini dikarenakan banyaknya tahapan yang harus dilalui untuk menduduki kursi pimpinan OJK.

"Masih banyak yang bagus tapi mereka tidak ikut karena dia tahu seleksi yang seperti ini bukan sesuatu yang menyenangkan," imbuh Sri Mulyani.

Di sisi lain, kemampuan dan integritas calon Dewan Komisioner OJK juga menjadi hal yang wajib dimiliki. Sehingga proses seleksi calon pimpinan OJK menjadi sesuatu yang terbilang sulit.

"Jadi kompetensi, integrity, dan komitmen menjadi sangat penting untuk kita. Ini tugas yang tidak main-main beban yang luar biasa bagi kami untuk mendapatkan orang yang terbaik," tutur Sri Mulyani. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed