Follow detikFinance
Jumat 12 May 2017, 15:18 WIB

Pengguna Ojek Online Juga Dapat Santunan Jasa Raharja?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pengguna Ojek Online Juga Dapat Santunan Jasa Raharja? Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Jasa Raharja (Persero) tidak hanya memberikan perlindungan asuransi kecelakaan bagi pengguna angkutan umum dan pribadi, para pengguna transportasi online yang memiliki roda empat pun mendapatkan perlindungan dari Jasa Raharja.

Dengan diberikannya perlindungan, pengguna taksi online yang mengalami kecelakaan dengan kendaraan lain mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Namun, santunan tidak diberikan jika mengalami kecelakaan tunggal.

"Ini sudah diatur Kemenhub (Kementerian Perhubungan), kelihatannya baru roda dua ke atas," ujar Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Setyarso, di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017).

Namun, untuk pengguna ojek online, Jasa Raharja tidak menanggung akibat dari kecelakaan tersebut. "Untuk Go-Jek, roda dua belum," tambah Budi.

Tidak dilindunginya pengguna ojek online, lanjut Budi, karena menurut Kementerian Perhubungan sepeda motor tidak termasuk angkutan umum resmi.

"Memang disampaikan oleh Pak Dirjen (Perhubungan Darat) ini bukan angkutan umum, karena angkutan umum itu terdaftar, berizin, dan berbayar," kata Budi.

Dirjen Perhubungan Pudji Hartanto menambahkan, berdasarkan Undang-undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, sepeda motor tidak termasuk dalam kelompok angkutan umum. Saat ini, Kementerian Perhubungan tengah mengkaji aturan untuk memasukkan sepeda motor sebagai angkutan penumpang karena banyaknya permintaan terhadap moda transportasi ini.

"Akan ajukan ke DPR RI Komisi V mengusung revisi undang-undang 22 tahun 2009 tentang angkutan umum menggunakan sepeda motor," tutur Pudji. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed