Follow detikFinance
Minggu 14 May 2017, 12:13 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Bakal Sasar TKI di Singapura Hingga Hong Kong

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
BPJS Ketenagakerjaan Bakal Sasar TKI di Singapura Hingga Hong Kong Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tengah berencana untuk memberikan perlindungan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Melalui keterangan Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, M Krishna Syarif diketahui, perlindungan ketenagakerjaan pada TKI akan diprioritaskan bagi tenaga kerja yang ditempatkan di Asia, terutama di Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura.

"Sekarang kita lagi menyusun dengan menteri tenaga kerja untuk memberikan perlindungan kepada TKI kita di luar negeri, Kita sedang melakukan kajian dengan Kementerian Tenaga Kerja, instansi terkait," ungkap Krishna di acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di area CFD Sudirman-Thamri, Jakarta Pusat, Minggu (14/05/2017).

Meski begitu, dirinya belum bisa menjabarkan lebih jauh bentuk perlindungannya. Pasalnya diakui Krishna, saat ini skema pemberian perlindungan pada TKI tersebut masih dalam proses pengkajian. Kendati demikian, setidaknya rencana tersebut menurutnya harus mampu terealisasi pada tahun ini.

"Jadi sekarang bagaimana kami bisa hadir di setiap wilayah negara bersangkutan untuk memberikan perlindungan sepenuhnya. Harus tahun ini," ujarnya.

Perlindungan bagi TKI dianggap Krishna sangat perlu, mengingat selama ini kecelakan kerja pada TKI masih cukup tinggi, termasuk tindak kejahatan yang diterima TKI saat bekerja di luar negeri.

Perlindungan TKI, menurutnya sampai saat ini belum pernah tercover oleh instansi yang ada, sehingga BPJS Ketenagakerjaan menilai, kesempatan ini merupakan momen yang tepat untuk fokus memberikan manfaat termasuk bagi TKI di luar negeri.

"Apakah melalui penempatan orang melalui KBRI setempat atau bekerjasama dengan BPJS setempat. Kita sedang memformulasikan dengan instansi pemerintah," lanjutnya. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed