Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 13:34 WIB

Begini Jurus BPJS Kesehatan Kejar Target 201 Juta Peserta

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Begini Jurus BPJS Kesehatan Kejar Target 201 Juta Peserta Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menargetkan jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga akhir tahun ini mencapai 201 juta orang. Saat ini jumlah peserta JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat) telah mencapai 177,4 juta jiwa.

"Targetnya kita sampai akhir tahun ini 201 juta, per hari ini 177,4 juta," kata Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, saat ditemui dalam jumpa pers di Citiwalk Sudirman, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Selain mencapai target jaminan kesehatan nasional seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2019 mendatang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga menargetkan angka kepuasan layanan bisa mencapai 80% hingga akhir tahun ini. Untuk itu, hari ini diluncurkan layanan virtual services, yang memudahkan calon peserta BPJS Kesehatan melakukan pendaftaran, dengan hanya melalui mekanisme telepon ke Care Center di 1500-400.

Layanan ini akan menyasar 8 juta peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP) yang hingga saat ini belum terdaftar.

"Layanan ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri. Ada 8 juta peserta yang akan kita ambil dari kelompok itu. Untuk mereka yang mampu tapi mereka sibuk atau mereka enggak terlalu familiar terhadap informasi, tapi enggak mau baca. Ini kita eliminir seoptimal mungkin," tutur Andayani.

Adapun bagi peserta yang ingin mendaftar melalui layanan Care Center, sebelumnya peserta harus mempersiapkan beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center. Di antaranya Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri), Nomor handphone, Alamat Domisili/Tempat Tinggal (Untuk Pengiriman Kartu) dan Alamat Email.

Hubungi care center

Setelah syarat di atas siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Calon peserta akan dilayani oleh Agent Care Center, dan rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan menjadi bukti pendaftaran.

Setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, Nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.

Setelah pembayaran dilakukan, maka paling lambat 6 hari setelah dilakukan pembayaran, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan pada saat mendaftar. Peserta yang mendaftar via Care Center juga wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya.

Sebagai informasi, hingga 5 Mei 2017, jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan kurang lebih 20.766 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik Pratama, 4.504 Dokter Prakter Perorangan, 1.143 Dokter Gigi Praktik Perorangan.

Kemudian, 15 RS Tipe D Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan juta telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang mencakup 2.135 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya Klinik Utama), 2.216 Apotek, dan 986 Optik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun sampai dengan saat ini beberapa kanal-kanal pendaftaran yang bisa dimanfaatkan oleh calon peserta di antaranya :
1. Pendaftaran langsung di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota dan Liaison Office (LO)
2. Pendaftaran melalui aplikasi New e-DABU untuk kategori peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)
3. Pendaftaran online melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id
4. Pendaftaran melalui Bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (BNI, BRI, dan Mandiri). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed