Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 10:16 WIB

75% Orang RI Bakal Melek Keuangan di 2019

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
75% Orang RI Bakal Melek Keuangan di 2019 Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meluncurkan Strategi Perlindungan Konsumen Keuangan (SPKK) periode 2013-2027 di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad, mengatakan strategi peluncuran SPKK ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap industri jasa keuangan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Kami terus berupaya untuk mencerdaskan masyarakat, karena sektor keuangan harus disiapkan dan diedukasi sejak dini. Bagaimana mengelola keuangan secara sehat dan bijak sana dalam memilih produk keuangan," ungkap Muliaman di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dirinya mencatat, tingkat literasi keuangan atau pemahaman masyarakat atas produk dan jasa yang ditawarkan lembaga keuangan domestik tahun 2016 telah mencapai 29,66%. Angka itu meningkat dibandingkan tahun 2013 lalu yang sebesar 21,8%.

Sementara Indeks inklusi keuangan atau penggunaan produk dan jasa dari lembaga keuangan, berada padal level 67,82%. Jumlah tersebut meningkat dari 59,7% pada tahun 2013 lalu.

Muliaman pun optimis dengan pertumbuhan yang cepat itu, maka target yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan iklusi keuangan sebesar 75% pada tahun 2019 dapat dicapai.

"Kami merasa optimis, dengan perkembangan dan komitmen serta dukungan berbagai pihak target 75% bisa kita capai pada waktunya. Oleh karena itu kita merasa perlu mendorong gerakan edukasi yang masif dan program inklusi keuangan yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Termasuk masyarakat ekonomi bawah, di daerah perbatasan, terpencil, penduduk lanjut usia, kaum ibu, pelajar, dan masyarakat lainnya," tukasnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed