Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 15:22 WIB

Industri Asuransi Siap Diintip Ditjen Pajak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Industri Asuransi Siap Diintip Ditjen Pajak Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Perusahaan asuransi yang tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) siap menerima konsekuensi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017. Di mana Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) sudah memiliki akses untuk mendapatkan informasi dari lembaga keuangan, termasuk data pemegang polis asuransi.

Direktur Eksekutif AAUI, Julian Noor mengungkapkan diperlukan aturan turunan yang lebih spesifik agar petunjuk dan pelaksanaanya bisa lebih jelas.

"Karena dasarnya adalah aturan pemerintah Perppu, maka lembaga keuangan termasuk asuransi untuk mengikuti, karena itu konsekuensinya," ujar Julian saat dihubungi detikFinance, Kamis (18/5/2017).



Dia menceritakan, saat ini industri asuransi umum memang belum memiliki produk yang langsung ke investasi.

"Tapi saya rasa industri asuransi umum bukan prioritas ya, tapi bisa saja dalam hal ini konteksnya memeriksa aset yang diasuransikan sebesar apa," ujarnya.

Setelah aturan turunan diterbitkan, maka ada kewajiban perusahaan asuransi untuk melakukan sosialisasi masif ke nasabah.

"Kita lakukan komunikasi segera ke nasabah apa-apa saja yang bisa diintip, agar tidak terjadi salah paham, karena ini sesuai amanat Perppu," ujar dia. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed