Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 11:10 WIB

NPG akan Pakai Logo Domestik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
NPG akan Pakai Logo Domestik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menargetkan implementasi National Payment Gateway (NPG) atau gerbang pembayaran nasional bisa dilakukan Juli mendatang. Nantinya, akan ada logo domestik atau nasional.

Bank sentral menyebutkan, NPG berkonsep menghubungkan transaksi pembayaran secara nasional. Jadi, nantinya di kartu debit, kartu kredit dan uang elektronik akan ada logo domestik dan internasional.

"Nanti akan ada logo domestik atau nasional di kartunya," ujar Kepala Pusat Program Transformasi BI, Onny Widjanarko saat dihubungi detikFinance, Selasa (16/5/2017).

Onny menjelaskan, NPG sendiri berkonsep interkoneksi lintas switching domestik yang bertujuan untuk mewujudkan interkoneksi dan interoperabilitas instrumen pembayaran ritel nasional.

Menurut Onny untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan penyelenggara NPG yang terdiri dari Lembaga Standard, Lembaga Switching dan Lembaga Sevices.

"Ketiga lembaga ini masing-masing akan menjaga interkoneksi dan interoperabilitas yang optimal," ujarnya.

Lembaga standard bertujuan untuk memastikan jika alat pembayaran ritel seperti katu debit sudah memenuhi standar agar bisa diterima atau diproses di seluruh devices/reader/mesin electronic data capture (EDC). Kemudian memastikan alat-alat tersebut bisa menerima dan memproses alat bayar seperti kartu debit. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed