Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 11:50 WIB

Ada Moratorium TKI, Pengiriman Uang ke RI Berkurang

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ada Moratorium TKI, Pengiriman Uang ke RI Berkurang Foto: Ari Saputra
Jakarta - Remitansi atau pengiriman uang dari dalam atau ke luar negeri di Indonesia mengalami penurunan. Pada kuartal I-2017, penerimaan secondary income tercatat US$ 800 juta lebih rendah dibandingkan periode kuartal I tahun lalu US$ 1,3 miliar.

Deputi Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia (BI) Tutuk S Cahyono menyebutkan penurunan terjadi akibat adanya moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke sejumlah negara di Timur Tengah.

"Moratorium pengiriman TKI itu memang berdampak ke remitansi, jadi yang masuk berkurang," kata Tutuk dalam diskusi Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) di gedung BI, Jumat (19/5/2017)

Selain faktor moratorium krisis yang terjadi juga turut mempengaruhi. Karena kondisi keuangan negara di mana TKI bekerja kurang baik sehingga mempengaruhi jumlah pengiriman uang ke Indonesia.

Tutuk juga menyebutkan, hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia lebih banyak mengirimkan uang ke negara asalnya.

Menurut Tutuk, semakin tinggi kualitas TKI maka semakin banyak pendapatan yang diperoleh tenaga kerja. Ini juga berdampak ke remitansi Indonesia. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed