Follow detikFinance
Selasa 23 May 2017, 15:27 WIB

Ketua OJK Mau Rilis Aturan Baru Sebelum Pensiun

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ketua OJK Mau Rilis Aturan Baru Sebelum Pensiun Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan aturan terkait sustainable finance atau keuangan berkelanjutan kepada seluruh sektor jasa keuangan seperti industri perbankan, industri keuangan nonbank, dan industri pasar modal. Peraturan OJK (POJK) ini rencananya dirilis Juli 2017 mendatang.

Keuangan berkelanjutan merupakan dukungan menyeluruh dari sektor jasa keuangan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan menyeimbangkan antara kepentingan ekonomi (profit), sosial (people), dan lingkungan hidup (planet).

"Tahun ini kita usahakan, saya kan pensiun. Saya usahakan sebelum Juli," jelas Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad di Double Tree Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).

POJK sustainable finance akan merangkum kerangka kerja yang sebelumnya sudah dirilis, yaitu menjaga keselarasan lingkungan, sosial dan ekonomi dengan komitmen menyeluruh dari sektor jasa keuangan untuk tidak membiayai perusahaan atau sektor yang merusak lingkungan dan hanya mengandalkan profit saja.

"Prinsipnya mengimplementasikan roadmap yang dulu kita buat," kata Muliaman.

Lebih jauh, Muliaman mengatakan, di dalam POJK sustainable finance secara spesifik mengatur detail tentang pelaksanaan keuangan berkelanjutan dari bank. Dengan demikian pembiayaan tidak serta merta memberikan kerugian bagi alam.

"Tentu saja POJK bersifat umum, tapi ada beberapa pengaturan terutama apa yang dimasukkan prisip investasi bertanggung jawab dan praktik bisnis berkelanjutan sosial dan lingkungan hidup," kata Muliaman. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed